Jenis Buah Tin Paling Manis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Rosmha Widiyani - detikFood Kamis, 07 Jan 2021 08:00 WIB
buah tin Foto: iStock/Jenis Buah Tin Paling Manis dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Jakarta -

Jenis buah tin paling manis menjadi favorit masyarakat dan lebih populer daripada jenis lainnya. Riset menyebutkan ada dua jenis buah tin kesukaan dan cenderung dipilih konsumen di Indonesia.

Riset UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat, menyatakan jenis buah tin paling manis adalah Purple Jordan. Seperti sifat buah tin pada umumnya, jenis ini juga memiliki kemampuan adaptasi yang baik.

"Tanaman tin varietas Purple Jordan menjadi favorit di Indonesia karena rasa yang manis dan mudah dibudidayakan," tulis Shintia Rahmat dalam riset berjudul Pengaruh Konsentrasi NAA dan BAP Terhadap Pertumbuhan Induksi Daun Tanaman Tin (Ficus carica L. Var Purple Jordan) Secara Invitru.

Berbeda dengan hasil riset UIN Sunan Gunung Djati, studi IPB, Bogor, Jawa Barat menyatakan jenis buah tin paling manis adalah Green Jordan. Jenis ini paling banyak dipilih responden dibandingkan Purple Jordan dan Negronne.

"Jenis Green Jordan menunjukkan angka penerimaan tertinggi mencapai 93,33 persen," tulis Pamella Oktharisa Damanik dalam riset berjudul Kandungan Gizi Buah Tin (Ficus carica L.) Produksi Indonesia.

Dalam riset ini, peneliti menggunakan tiga jenis buah tin dari sebuah rumah produksi. Studi bertujuan mengetahui kadar mikro dan makro nutrien, antioksidan. fitocemical, dan kecenderungan responden.

Terlepas dari jenis buah tin paling manis pilihan masyarakat, kandungan makanan ini jelas bermanfaat bagi kesehatan. Buah tin bisa mencegah penyakit akibat pola hidup misal diabetes, gangguan jantung, dan hipertensi.

Manfaat buah tin untuk kesehatan:

1. Kandungan kalium, omega 3 dan 6, fenol dan magnesium dapat mencegah hipertensi dan gangguan jantung

2. Kalium atau potasium dan mineral lain untuk menjaga tekanan darah

3. Kandungan serat efektif menjaga kesehatan tubuh, saluran pencernaan, dan membantu menurunkan berat badan

4. Serat larut pektin dapat membantu mengurangi kolesterol darah

5. Buah tin atau ara dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah tinggi

6. Mengurangi risiko kanker payudara dan kanker kolon atau usus besar

7. Membantu penyembuhan luka pada kulit dan sebagai skin care.



Simak Video "Masak Masak: Tips Potong Dadu Buah Nanas"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com