Kalori Tahu Goreng Isi dan Tepung, Berapa Ya?

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 24 Des 2020 08:00 WIB
Jajajanan Tahu Goreng Foto: Istimewa
Jakarta -

Kalori tahu goreng perlu kamu ketahui nih, agar bisa memperkirakan jumlah kalori yang diasup dalam sehari.

Tahu yang berasal dari China ini memiliki bahasa Hokkian yaitu 'tauhu' yang memiliki arti 'fermentasi kacang kedelai'. Di Indonesia proses pembuatan tahu secara tradisional dilakukan turun temurun oleh keturunan China juga oleh orang lokal.

Tahu merupakan salah satu bahan makanan protein nabati yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tahu sering diolah dengan cara digoreng. Tahu yang digoreng umumnya hanya diberi bumbu kemudian digoreng dalam minyak panas.

Tahu kini jadi populer karena merupakan sumber protein nabati yang enak dan murah. Seiring dengan perkembangan gaya hidup sehat, tahu jadi andalan kaum vegan dan vegetarian.

Selain itu, ada juga sajian tahu yang digoreng dengan tepung. Berbicara soal kalori, tentunya tahu yang digoreng dengan tepung memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak digoreng.

Dalam 100 gram tahu mentah mengandung kalori sebesar 80 kkal, 10,9 gram protein, 4,7 gram lemak dan 0,8 gram karbohidrat.

Tahu yang digoreng dengan tepung dan ditambah dengan isian wortel, tauge dan kol sering jadi menu sarapan kebanyakan orang. Satu buah potongan tahu isi dengan berat 50 gram memiliki kalori sebesar 122 Kkal.

Sedangkan untuk kalori tahu goreng dengan berat 100 gram mengandung sebesar 115 kalori, 9,7 gr protein, 8,5 gr lemak dan 2,5 gr karbohidrat.



Simak Video "Icip-icip Varian Tahu Hits"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com