ADVERTISEMENT

7 Efek Samping Kebanyakan Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 19 Des 2020 05:00 WIB
7 Efek Samping Kebanyakan Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan
Foto: Getty Images/iStockphoto/tetmc

6. Mencegah Kanker

Sejumlah penelitian epidemiologi telah menunjukkan bahwa teh hitam dan hijau mengandung senyawa alami seperti polifenol dan EGCG katekin dalam teh hijau yang dapat memberikan efek perlindungan terhadap kanker tertentu. Kandungan ini juga bisa mengatasi inflamasi pada tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Minum beberapa cangkir teh setiap hari dikatakan dapat mengurangi risiko kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker kolorektal dan pankreas. Hal ini disebabkan oleh polifenol yang memiliki sifat antikanker.

7. Sumber Kandungan Logam

7 Efek Samping Kebanyakan Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan7 Efek Samping Kebanyakan Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/tetmc

"Minum teh setiap hari meningkatkan peluang untuk menelan sejumlah besar kandungan logam ketika diakumulasikan dari waktu ke waktu," kata ahli gizi Brandon Nicholas.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa teh yang diseduh terutama teh herbal mungkin mengandung kadar logam berat yang tidak aman. Timbal, arsen, kadmium, dan merkuri telah ditemukan dalam teh hitam yang diseduh dan kontaminasi udara menurut para peneliti dalam Journal of Toxicity.

Baca Juga: 10 Efek Minum Teh dalam Kondisi Perut Kosong di Pagi Hari


(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT