5 Manfaat Air Lemon Hangat di Pagi Hari, Salah Satunya Turunkan Berat Badan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 04 Des 2020 06:00 WIB
khasiat sehat minum air lemon Foto: iStock
Jakarta -

Di balik rasa asamnya, lemon memiliki banyak khasiat. Berikut ini 5 manfaat air lemon hangat di pagi hari, mulai dari turunkan berat badan hingga tingkatkan imunitas tubuh.

Akhir-akhir ini cuaca mulai menunjukkan perubahan ke musim hujan. Pada musim ini, banyak orang mengandalkan asupan minuman yang bisa memberi energi di pagi hari agar mampu melawan hawa dingin.

Biasanya yang jadi pilihan adalah kopi, teh, atau susu hangat, namun sebenarnya air lemon hangat juga jadi pilihan yang baik.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Perpustakaan Nasional Obat-obatan Amerika Serikat, makanan kaya akan vitamin C memiliki efek perlindungan bagi kesehatan kardiovaskular. Salah satunya terdapat pada lemon.

Satu buah lemon mengandung lebih dari 31 miligram vitamin C yang dapat memenuhi 51% kebutuhan vitamin C harian seseorang.

Minum air lemon hangat dapat membantu mendetoksifikasi sistem tubuh, menyehatkan pencernaan dengan meningkatkan metabolisme tubuh, dan bantu melarutkan batu ginjal karena kandungan asam sitratnya.

Bahkan minum air lemon hangat saat perut kosong dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, meningkatkan imunitas serta mengendalikan berat badan secara natural.

Berikut ini manfaat minum air lemon hangat di pagi hari, seperti dikutip dari Times of India (27/11):

Baca Juga: Manfaat Air Lemon untuk Diet dan Cara Membuatnya

1. Menghindari Dehidrasi Saat Musim Hujan

Apa Benar Minum Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan?Apa Benar Minum Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan? Foto: iStock

Musim hujan akan membuat seseorang lebih mudah dehidrasi jika tidak diimbangi dengan asupan minum yang cukup. Meminum air lemon hangat pada pagi hari saat perut masih kosong dapat mengembalikan nutrisi yang mungkin keluar dari tubuh.

Fungsi tersebut membuat air lemon dapat mencegah dehidrasi karena nutrisi yang hilang akan langsung tergantikan.

Dehidrasi biasanya memiliki gejala seperti tenggorokan yang kering. Untuk mengatasi tenggorokan kering seperti ini dapat dengan mengonsumsi air lemon hangat yang ditambahkan 1 sendok teh madu.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Lemon mengandung pektin, serat larut yang mampu meningkatkan kesehatan usus. Air lemon dapat meningkatkan kesehatan hati dan produksi empedu yang berperan penting dalam proses pencernaan.

Kandungan pektin yang ada pada lemon juga mampu menyerap gula dari makanan yang lambat diserap tubuh. Dengan penyerapan gula yang lebih cepat, maka lemon juga berfungsi baik dalam mengurangi kadar gula dalam darah.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sup Gurame dengan Lemon. Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com