6 Tips Sarapan Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 27 Nov 2020 05:00 WIB
Tips Sarapan Sehat untuk Turunkan Berat Badan Foto: iStock
Jakarta -

Walaupun sedang diet, sarapan tak boleh dilewatkan. Ikuti tips sarapan sehat ini agar berat badan tetap bisa turun dengan maksimal.

Banyak yang beranggapan kalau sedang berdiet sebaiknya tidak sarapan agar berat badan cepat turun. Namun, anggapan tersebut salah karena sarapan bisa digunakan untuk meningkatkan energi dan metabolisme.

"Metabolisme tubuh bisa mendapatkan dorongan dari sarapan dan pilihan bergizi akan mengatur dorongan itu lebih cepat untuk sisa hari kamu," ujar Olivia Brant selaku ahli diet, seperti dilansir dari My Fitness Pal (21/11).

Tentunya sarapan para pelaku diet ini harus dilakukan secara sehat. Agar berat badan ideal yang diinginkan juga bisa tercapai.

Ada 6 tips sarapan sehat untuk menurunkan berat badan yang bisa dicontek:

1. Pilih Makanan Gurih

Tips Sarapan Sehat untuk Turunkan Berat BadanTips Sarapan Sehat untuk Turunkan Berat Badan Foto: iStock

Salah satu musuh pelaku diet adalah makanan manis. Jadi, sebaiknya jangan menyantap makanan manis saat sarapan kalau ingin berat badan cepat turun. Sebaiknya kamu memilih makanan yang gurih.

Samantha Presicci ahli diet dari Texas, Amerika Serikat menjelaskan, "Seringkali saya melihat orang menyantap makanan manis yang berat untuk sarapan. Berarti makanan manis itu bisa meningkatkan kadar insulin di pagi hari dan menyebabkan penurunan energi," jelasnya.

Samantha juga menjelaskan kalau sarapan dengan makanan manis bisa membuat kamu mengidam gula sepanjang hari. Samantha merekomendasikan makanan gurih, seperti telur dengan alpukat atau sayur dan sosis.

Baca Juga: Sarapan 5 Makanan Sehat dan Enak Ini Bisa Bikin Wajah Bebas Jerawat

2. Prioritaskan Protein

Tips Sarapan Sehat untuk Turunkan Berat BadanTips Sarapan Sehat untuk Turunkan Berat Badan Foto: iStock

Tambahkan makanan yang mengandung protein tinggi ke dalam menu sarapanmu. Karena protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan. Jadi, bisa membuatmu kenyang lebih lama dan cenderung tidak lapar saat makan siang.

Selain mengenyangkan, Samantha juga menjelaskan manfaat lain dari tambahan protein pada menu sarapan. "Mengonsumsi protein yang cukup dan berkualitas tinggi dapat membantumu dalam menghindari kehilangan otot. Dimana hal itu sering terjadi dengan penurunan berat badan," jelas Samantha Presicci.

Asupan protein yang baik untuk sarapan setidaknya harus 20 gram. Bisa menggunakan telur, dada ayam, hingga brokoli.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Menu Sarapan Omelet Sehat ala Richard Kyle"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com