9 Buah Tinggi Kalori dan Protein yang Rasanya Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 22 Nov 2020 06:00 WIB
Cara pilih alpukat Foto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV
Jakarta -

Beberapa buah tinggi kalori dan protein memiliki rasa yang enak. Protein disebut sebagai bahan penyusun kehidupan. Meskipun sumber protein umumnya berasal dari hewani, ada juga buah-buahan tertentu yang mengandung kalori dan protein.

Nilai protein harian yang direkomendasikan saat ini adalah 50 gram per hari. Diet tinggi protein dapat membantu membangun otot tanpa lemak dan berkontribusi pada peningkatan metabolisme dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah-buahan adalah beberapa cara paling sederhana untuk mengubah pola makan Anda untuk memenuhi kebutuhan protein. Selain itu, buah-buahan ini juga mengandung karbohidrat yang dapat membantu memasok energi dan membantu sintesis protein yang kemudian dapat digunakan secara efektif untuk perbaikan, pertumbuhan, pembentukan dan keseimbangan otot.

Berikut ini beberapa buah tinggi kalori dan protein yang bisa Anda konsumsi:

1. Prune

Prune memiliki jumlah protein yang cukup untuk membantu Anda mengisi kekurangan protein dalam tubuh. Mereka adalah pembangkit tenaga antioksidan melawan kanker dan serat yang dapat membantu menjaga berat badan serta tekanan darah agar tetap terkendali.

Buah prune juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan kulit. Dalam 100 gram buah plum mengandung 2,2 gram protein.

2. Persik

Buah persik atau pecah merupakan salah satu buah tinggi kalori dan protein. Persik juga mengandung beta-karoten yang tinggi sehingga dapat membantu kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan penglihatan.

Kandungan serat dalam buah persik juga dapat menjaga sistem pencernaan. Satu buah cangkir persik mengandung 1,5 gram protein.

masker jerukmasker jeruk Foto: istimewa

3. Jeruk

Tidak hanya mengandung vitamin C, jeruk juga mengandung kalori dan protein yang sangat baik untuk camilan. Satu porsi jeruk seberat 100 gram mengandung 0,9 gram protein. Rata-rata jeruk sehat dapat memasok hingga 2 gram protein secara teratur. Karena ia juga memiliki vitamin C yang tinggi dan skor yang relatif baik dari segi profil nutrisinya.

Buah jeruk dapat membantu sintesis protein dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Melon

Melon mengandung vitamin A, B, K dan mineral yang juga mengandung kalori dan protein di dalamnya. 1 cangkir porsi melon dapat memberikan sekitar 0,8-1,5 gram protein. Buah melon sangat cocok dinikmati dalam bentuk salad atau dikonsumsi segar hingga dijadikan sebagai smoothie.

5. Kiwi

Tak hanya memberikan asupan protein yang sehat, kiwi juga mengandung segudang manfaat untuk kesehatan. Buah yang tinggi kalori dan protein ini dalam 100 gram memiliki 61 kalori dengan 1,14 gram protein hingga hampir dua kali lipat vitamin C.

Fresh Jack fruit in white dish, half of jack fruit and jack fruit leaf on wooden table.Fresh Jack fruit in white dish, half of jack fruit and jack fruit leaf on wooden table. Foto: Getty Images/iStockphoto/Suriyawut Suriya

6. Nangka

Nangka juga mengandung protein. Nangka juga mengandung sejumlah serat, vitamin A, vitamin C dan banyak antioksidan berbeda. Karena banyak serat dalam nangka, tentu ini membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

7. Jambu biji

Jambu biji menduduki puncak daftar karena kandungan proteinnya yang tinggi. Ini melengkapi diet Anda dengan jumlah protein yang layak dengan banyak nutrisi dan manfaatnya. Ini juga telah ditemukan sebagai sumber serat yang sangat baik dan memiliki banyak antioksidan.

Ini mengandung empat kali jumlah vitamin C yang disarankan dan meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Satu buah jambu biji mengandung 1,4 gram protein dan 37 kalori.

8. Alpukat

Mempertimbangkan alpukat diantara buah-buahan berprotein tinggi bisa jadi pilihan. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang sehat dan membantu menjaga persendian tetap kenyal dan tekanan darah stabil.

Mereka juga dikemas dengan serat sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Satu buah alpukat mengandung 4 gram protein dan 322 kalori.

anggur dan aprikotanggur dan aprikot Foto: iStock

9. Aprikot

Aprikot juga menjadi salah satu buah yang tinggi kalori dan protein. Buah berwarna bulat kuning ini juga tinggi akan serat dan bisa dikonsumsi dalam keadaan segar dan kering. Selain mengandung protein, aprikot juga tinggi vitamin A dan C yang melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Dalam 100 gram buah aprikot mengandung 1,4 gr protein.



Simak Video "Ternyata Ini Jumlah Kalori dalam Segelas Cheese Tea!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)