12 Makanan yang Dapat Menurunkan Berat Badan secara Cepat

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 20 Nov 2020 05:41 WIB
Fruit salad in white bowl. Blueberries, rasberries, melon, grapes and strawberries. Foto: iStock
Jakarta -

Makanan yang dapat menurunkan berat badan secara cepat adalah makanan yang dapat meningkatkan laju metabolisme Anda dan dapat membantu menghilangkan lemak tubuh.

Dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen "pembakar lemak" yang tak aman. Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman alami yang terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan penurunan lemak.

Berikut ini 12 makanan yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat:

1. Minyak ikan

Ikan laut seperti salmon, herring, sarden dan mackerel mengandung asam lemak omega 3 yang telah terbukti dapat mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung.

Selain itu, asam lemak omega-3 dapat membantu menghilangkan lemak tubuh.

Dalam studi terkontrol enam minggu pada 44 orang dewasa, mereka yang mengonsumsi suplemen minyak ikan kehilangan rata-rata 1,1 pon atau sebanyak 0,5 Kg lemak dan mengalami penurunan kortisol, hormon stres yang terkait dengan penyimpanan lemak.

Selain itu, ikan adalah sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik untuk membentuk jaringan sel tubuh. Mencerna protein dapat membuat perasaan kenyang yang lebih besar dan meningkatkan laju metabolisme secara signifikan lebih dari mencerna lemak atau karbohidrat.

Untuk meningkatkan kehilangan lemak dan melindungi kesehatan jantung, sertakan minimal 100 gram ikan berlemak dalam makanan setidaknya dua kali seminggu.

2. Minyak MCT

Minyak MCT dibuat dengan mengekstraksi MCT dari kelapa atau minyak sawit. MCT (medium chain tryglyceride) rantai menengah yang menjadi jenis lemak yang dimetabolisme secara berbeda dari asam lemak rantai panjang yang ditemukan di sebagian besar makanan.

Karena panjangnya lebih pendek, MCT dengan cepat diserap oleh tubuh dan langsung menuju ke hati, dimana mereka dapat segera digunakan untuk energi atau diubah menjadi keton untuk digunakan sebagai sumber bahan bakar alternatif.

Cara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat BadanCara Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan Foto: iStock

3. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Kopi yang dapat menurunkan berat badan juga menjadi sumber kafein yang bagus dan dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kinerja mental dan fisik.

Dalam sebuah penelitian kecil yang melibatkan sembilan orang, mereka yang mengonsumsi kafein satu jam sebelum olahraga membakar lemak hampir dua kali lebih banyak dan mampu berolahraga 17 persen lebih lama daripada kelompok non-kafein.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein meningkatkan laju metabolisme dengan mengesankan 3-13 persen tergantung pada jumlah yang dikonsumsi dan respon individu.

Ada juga penelitian yang menunjukkan ketika seseorang mengonsumsi 100 mg kafein setiap dua jam selama 12 jam. Orang dewasa kurus rata-rata membakar 150 kalori ekstra dan orang dewasa yang sebelumnya mengalami obesitras membakar 79 kalori ekstra selama periode waktu penelitian.

Untuk mendapatkan manfaat kafein dalam membakar lemak tanpa potensi efek samping seperti kecemasan atau insomnia, targetkan konsumsi 100-400 mg per hari. Ini adalah jumlah yang ditemukan dalam sekitar 1-4 cangkir kopi, tergantung dari kandungan kafeinnya.

4. Telur

Telur menjadi salah satu makanan yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Telur adalah pembangkit energi namun tinggi protein.

Meskipun kuning telur dulunya dihindari karena kandungan kolesterol yang tinggi, telur utuh sebenarnya telah terbukti membantu melindungi kesehatan jantung pada mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Asalkan dikonsumsi tidak berlebihan.

Bagaimana telur bisa menurunkan berat badan? Klik di halaman selanjutnya..

Selanjutnya
Halaman
1 2 3