5 Cara Minum Madu yang Benar, Jangan Asal!

Tim detikcom - detikFood Senin, 16 Nov 2020 15:30 WIB
Jika Dimasak Madu Bisa Jadi Racun Foto: Getty Images/izhairguns/5 Cara Minum Madu yang Benar, Jangan Asal!
Jakarta -

Madu adalah obat ajaib yang telah digunakan selama beberapa generasi. Zat manis alami ini memiliki banyak manfaat.

Manfaatnya seperti membersihkan usus, mengatasi tenggorokan yang teriritasi, menghaluskan kulit, meredakan gejala sinus, dan banyak manfaat lainnya.

Namun minum madu harus diperhatikan hal-hal seperti di bawah ini.

Berikut cara minum madu yang benar dilansir Times of India dan medicalnewstoday:

1. Jangan Mencampur Madu dengan Air Panas

Cara lain kebanyakan dari kita menggunakan madu adalah dengan mencampurkannya dengan segelas air panas setelah bangun tidur. Hal ini diyakini menjaga kesegaran tubuh, bebas dari racun.

Jika Anda memiliki kebiasaan melakukannya setiap hari, ada alasan yang sangat penting mengapa Anda harus berhenti melakukannya secepat mungkin. Apa yang Anda minum adalah racun, menurut dokter Ayurveda dan ahli gizi Rekha Jithin dilansir Times of India.

Anda boleh mencampurkan madu dengan air hangat . Namun, suhu yang tertinggi diperbolehkan untuk madu kurang dari 60 derajat celsius. Lebih dari itu akan merusak komposisi nutrisi pada madu dan bahkan bisa mengubahnya jadi berbahaya.

2. Jangan Diberikan pada Anak Usia Kurang dari 1 Tahun

Madu tidak boleh diberikan kepada anak kurang dari 1 tahun. Hal ini karena dapat menyebabkan botulisme, jenis keracunan makanan yang langka namun parah.

3. Minum Madu Sebelum Tidur

Madu dapat membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan siang dan malam. Minum minuman hangat dengan madu di dalamnya sebelum tidur dapat membantu mengatasi batuk di malam hari.

Menambahkan madu ke dalam secangkir teh chamomile yang dapat meredakan gejala Anda dan membantu Anda untuk tidur. Jangan minum yang mengandung kafein karena bisa menyebabkan Anda sulit tidur.

4. Perhatikan Dosis

Kita semua telah diajari oleh orang tua tentang manfaat madu untuk mengatasi beberapa penyakit. Ditambah lagi, rasanya yang manis sehingga menjadi favorit anak-anak dan orang tua. Makanya, madu digunakan sebagai pengganti gula.

Rasa manis madu menjadikannya pengganti yang ideal untuk gula dalam makanan. Namun, karena madu masih merupakan pemanis, penting untuk tetap memperhatikan seberapa banyak madu yang digunakan. Minum madu satu sendok teh sekali minum dan jumlahnya 2-3 kali.

5. Minum Madu Sebelum Makan

Pendakwah dan dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK UNDIP) dr Zaidul Akbar, menyatakan madu merupakan prebiotik atau enzim, termasuk buah-buahan dan sayuran.

Jadi cara minum madu yang benar berikutnya yakni minum sebelum makan. Konsumsi madu, buah-buahan dan sayuran terlebih dulu sebelum makan.

(nwy/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com