ADVERTISEMENT

Yuk, Minum Madu Setiap Hari!

- detikFood
Selasa, 14 Des 2010 17:42 WIB
Jakarta - Minum satu sendok madu setiap hari, ternyata bukan jadi hal yang sepele. Tapi justru bisa membantu Anda membangkitkan energi untuk beraktivitas seharian lho! Mengapa madu ini begitu penting? Temukan jawabannya di sini!

Mungkin masih banyak dari Anda yang tidak mengetahui manfaat penting dari madu. Tidak hanya bisa membantu menjaga daya tahan tubuh, menghindari terserang flu, mengurangi perut kembung, dan masih banyak lagi. Para atlet Yunani kuno mengkonsumsi madu setiap hari untuk membantu membangkitkan energi mereka sebelum bertanding. Karena madu mengandung glukosa dan fruktosa yang menghasilkan cadangan glikogen dalam hati.

Mengkonsumsi satu sendok makan madu sebelum tidur dapat membantu fungsi kerja otak lebih maksimal. Fruktosa yang terdapat dalam madu disimpan sebagai cadangan energi di dalam hati, dan siap digunakan sebagai bahan bakar yang bisa digunakan otak semalaman.

Madu juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bersifat sebagai antibakteri, dan juga membantu tubuh dalam proses penyembuhan. Demikian yang dilansir Daily Mail. Pilek atau flu adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus, dan madu bersigat sebagai antivirus alami yang menjaga tubuh dari virus tersebut.

Menurut Penn State, dari Pennsylvania State College of Medicine, "Sesendok madu dapat mengungguli obat flu yang dijual di pasaran," terangnya Penn.

Madu juga menjaga bakteri dalam usus bekerja secara baik sehingga pencernaan Anda bekerja dengan baik. Apabila Anda salah satu penderita ulkus lambung, Anda bisa mencoba pengobatan dengan cara mengkonsumsi madu dua sendok teh tiga kali sehari. Pastinya, manfaat ini akan terasa jika Anda mengkonsumsi madu alami yang tidak dicampur dengan pemanis sintetis.

(eka/Odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT