Minum Madu di Pagi Hari dan Rasakan 7 Manfaat Sehat Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 28 Nov 2019 06:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sejak ribuan tahun silam madu dipercaya sebagai bahan alami penjaga kesehatan. Rasanya manis legit dengan kandungan nutrisi lengkap.

Siapa tak suka madu? Cairan yang dihasilkan lebah madu ini rasanya manis. Enak dinikmati begitu saja atau dipadukan dengan smoothies, jus buah atau pancake, wafel dan roti panggang. Bahkan madu sudah jadi ikon sarapan sehat.

Selain mengandung sejumlah mineral seperti natrium, kalsium dan vitamin A dan vitamin D madu juga kaya antioksidan. Kandungan ini berfungsi untuk membersihkan tubuh dari racun. Juga sebagai anti bakteri yang bisa menjaga kesehatan tubuh.



Dirangkum dari berbagai sumber, manfaat sehat ini bisa kamu dapatkan jika rajin konsumsi madu. Tentu saja madu asli yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam takaran wajar.

Minum Madu di Pagi Hari dan Rasakan 7 Manfaat Sehat IniFoto: iStock


1. Turunkan berat badan

Bagi mereka yang mengalami kelebihan berat badan, dokter umumnya menganjurkan untuk berhenti mengonsumsi gula. Kecuali madu. Ini karena kandungan gula dalam madu punya komposisi berbeda dengan gula biasa. seperti fruktosa, glukosa, maltose dan sukrosa.

Konsumsi madu bisa mendotong metabolisme lebih cepat yang berefek pada penurunan berat badan.

2. Membuat kulit bersih

Selain perawatan dari luar, asupan nutrisi melalui makanan juga bisa membuat kulit bersih dan mulus. Madu mengandung antioksidan yang baik. Jika dikonsumsi rutin akan membersihkan racun tubuh dan membuat kulit lebih sehat, bersih dan mulus.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Madu tidak mengandung kolesterol. Sebaliknya mengandung sejumlah vitamin penting yang bisa membantu turunkan kadar kolesterol. Konsumsi madu akan meningkatkan antioksidan dalam tubuh untuk mengatasi kelebihan kolesterol.

4.Menyehatkan jantung

Beberapa riset membuktikan bahwa antioksidan dalam madu dapat melindungi pembuluh darah arteridari penyempitan. Penyempitan pembuluh darah bisa memicu serangan jantung. Untuk itu dianjurkan meminum segelas air dengan 1-2 sdm madu untuk menyehatkan jantung.

Minum Madu di Pagi Hari dan Rasakan 7 Manfaat Sehat IniFoto: thinkstock


5. Memperkuat daya ingat

Riset juga menunjukkan jika antioksidan dalam madu juga bisa memperkuat memori atau daya ingat. Kandungan kalsium dalam madu mudah diserap otak yang sangat berperan penting dalam menjaga fungsi otak.

6. Membuat tidur lebih nyenak

Kandungan gula dalam madu menaikkan kadar insulin yang bisa meleparkan serotonin. Selanjutnya serotonin diubah menjadi melatonin, hormon yang memicu tidur lebih nyenyak.

Minum Madu di Pagi Hari dan Rasakan 7 Manfaat Sehat IniFoto: iStock


7. Membersihkan pencernaan

Madu merupakan antiseptik yang kuat, sangat dianjurkan mengomsumsi 1 sdm penuh madu dalam keadaan perut kosong. Konsumsi ini dapat melindungi beragam penyakit berkaitan dengan pencernaan. Selain itu saat melewati perut, madu bisa menghancurkan kuman dan menyembuhkan luka-luka ringan pada dinding usus.



Simak Video "Sensasi Rasa Durian Madu Racun Bikin Ketagihan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)