7 Makanan Penambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 05 Nov 2020 09:00 WIB
7 Makanan Penambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Daisy-Daisy
Jakarta -

Makanan penambah berat badan ini sifatnya sehat dan rasanya enak. Ada daging merah, roti, sampai cokelat dan keju lho!

Dikutip dari Healthline (4/11), kunci utama untuk menambah berat badan adalah mengonsumsi lebih banyak kalori secara konsisten.

Latihan fisik juga sebaiknya dilakukan agar kalori tambahan yang masuk bisa digunakan untuk membangun otot. Jadi tak sekadar menambah lemak.

Untuk sebagian orang, menambah berat badan bukanlah perkara mudah. Ada makanan penambah berat badan sebagai solusinya.

Coba konsumsi makanan ini secara rutin dan rasakan hasilnya yang alami dan sehat. Berikut 7 makanan penambah berat badan yang sepat dan sehat.

1. Susu
Susu mengandung segudang nutrisi, terutama protein casein dan whey. Tak heran susu jadi andalan banyak orang yang ingin membesarkan otot atau menambah berat badan.

Selain itu, susu juga mengandung karbohidrat, lemak, dan ragam vitamin serta mineral. Coba minum 1-2 gelas susu segar sebagai snack, dengan paduan makanan, atau sebelum dan sesudah olahraga.

Sebaiknya pilih susu yang tidak diberi perasa atau pemanis buatan. Hal ini supaya asupan gula kamu tidak berlebih.

2. Kacang

7 Makanan Penambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat7 Makanan Penambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Daisy-Daisy

Di balik gurihnya kacang dan selai kacang, dua makanan ini ternyata juga bisa jadi makanan alami untuk menambah berat badan.

Untuk pilihan sehat, kamu bisa ngemil segenggam kecil almond. Jumlah ini mengandung 7 gram protein dan 18 gram lemak sehat.

3. Daging merah
Daging merah juga bagus dikonsumsi kamu yang mau menambah berat badan. Hal ini lantaran protein di dalamnya yang bagus untuk menambah massa otot.

Selain itu, daging merah juga mengandung sekitar 3 gram leusin yaitu asam amino yang bantu merangsang sintesis protein otot setiap 170 gramnya.

Kalau mau lebih cepat gemuk, konsumsi daging berlemak. Kandungan kalorinya jelas lebih tinggi.

Baca Juga: Makanan dan Minuman Apa yang Bikin Gemuk? Ini Daftarnya

4. Kentang

7 Makanan Penambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat7 Makanan Penambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Daisy-Daisy

Makanan penambah berat badan selanjutnya adalah kentang dan karbohidrat pati lainnya. Misalnya oat, ubi, jagung, labun, dan quinoa.

Jenis makanan ini mengandung kalori lebih yang diperlukan untuk menaikkan berat badan. Selain itu juga bisa meningkatkan simpanan glikogen otot.

Kelebihan lainnya, sumber karbohidrat sehat ini juga mengandung serat dan nutrisi penting lainnya. Sehingga bagus untuk kesehatan pencernaan.

5. Roti gandum utuh
Roti gandum utuh merupakan pilihan roti sehat yang juga berfungsi sebagai makanan penambah berat badan. Kandungan karbohidratnya sehat dan kaya serat.

Pilih roti yang dari bijian gandum utuh dan alami. Kemudian konsumsi bersama sumber protein tinggi seperti telur, daging, atau keju untuk hasil terbaik.

6. Telur
Bagi yang mau menambah berat badan, telur sangat bagus dijadikan asupan harian. Sebab makanan ini tinggi protein dan lemak sehat.

Sebaiknya konsumsi telur secara utuh, putih dan kuningnya. Selama kamu tidak punya intoleransi terhadap telur, boleh mengonsumsinya sampai 3 butir per hari.

7. Cokelat dan keju

7 Makanan Penambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat7 Makanan Penambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Daisy-Daisy

Dua makanan enak, cokelat dan keju, juga direkomendasikan sebagai makanan penambah berat badan. Pilihlah jenis dark chocolate yang tinggi kandungan antioksidan dan lemak sehat.

Tiap 100 gram dark chocolate mengandung sekitar 600 kalori. Di dalamnya juga ada serat dan magnesium.

Lalu untuk keju juga bisa dikonsumsi bersama hidangan lain untuk menambah rasa gurih yang enak. Keju tinggi kandungan kalori dan lemak.

Baca Juga: 7 Minuman Penambah Berat Badan yang Punya Rasa Enak

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com