7 Minuman Penambah Berat Badan yang Punya Rasa Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 19 Sep 2020 09:30 WIB
Blueberry smoothies juice beverage healthy the taste yummy In glass drink episode morning on wooden background. Minuman penambah berat badan. Foto: iStock
Jakarta -

Minuman penambah berat badan bisa membantu menaikkan bobot tubuh. Dikutip dalam Medical News Today, dokter biasanya merekomendasikan penambah berat badan kepada orang yang secara konsisten memiliki berat badan yang terlalu sedikit yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat, jumlah orang dewasa dengan berat badan kurang yang berusia 20 hingga 39 tahun di negara itu menurun dari 3 persen menjadi 1,9 persen antara tahun 1988 dan 2008.

Seseorang yang kekurangan berat badan cenderung mengalami masalah kesehatan, termasuk infertilitas, keterlambatan perkembangan, sistem kekebalan tubuh yang melemah, osteoporosis, peningkatan risiko komplikasi selama operasi hingga malnutrisi.

Jika mengalami berat badan kurang, minuman penambah berat badan ini bisa dicoba:

1. Susu

Minuman penambah berat badan janin, anak-anak dan dewasa salah satunya adalah susu. Susu menawarkan campuran lemak, karbohidrat dan protein. Susu juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik termasuk kalsium.

Kandungan protein susu menjadikannya pilihan yang baik bagi orang yang mencoba membangun otot. studi menemukan bahwa setelah latihan ketahanan, minum susu skim membantu membangun otot lebih efektif daripada produk berbahan dasar kedelai.

Bagi siapapun yang ingin menambah berat badan, susu bisa ditambahkan ke dalam makanan sepanjang hari. Susu juga sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi yang kuat.

2. Minuman Berprotein

Minuman penambah berat badan dewasa adalah minuman yang mengandung banyak protein. Minuman berprotein juga dapat menambah massa otot. SFGate melaporkan rata-rata protein shake atau minuman berprotein yang dibuat dengan 1/4 cup protein shake bubuk memiliki rata-rata 260 Kkal.

3. Jus

Tidak ada yang lebih menyegarkan dari menikmati segelas jus buah segar. Jus bisa dibuat dengan mencampurkan sayur dan buah ke dalamnya serta susu untuk menambah kalori. Ahli gizi Catherine Matthews mengatakan kepada The Daily Mail bahwa mengonsumsi jus adalah cara tercepat untuk menambah berat badan, karena kebanyakan orang dapat meminum 150 kalori dalam satu menit atau kurang tanpa menyadarinya. Akan tetapi menambahkan gula ke dalamnya dapat terjadi lonjakan gula darah yang parah karena kekurangan serat dalam jus. Sehingga jus juga bisa dinikmati dengan diselingi konsumsi buah potong segar.

4. Smoothies

Smoothies sering dibuat dengan mencampurkan buah-buahan segar, yogurt dan tambahan apapun yang kita inginkan. Smoothies tinggi kalori bisa dicampur juga dengan susu ataupun selai kacang dan minyak kelapa. Smoothies buatan sendiri dengan buah-buahan favorit bisa menjadi salah satu pilihan menu penambah berat badan untuk anak juga.

5. Minuman Berenergi

Minuman berenergi juga bisa jadi minuman penambah berat badan. Akan tetapi minuman ini tak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Minuman berenergi memiliki kandungan kalori sekitar 220 kalori hingga 350 kalori.

6. Kopi dan Gula

Sebagian dari kita terbiasa minum satu atau dua cangkir kopi di pagi hari. NBC News melaporkan pada tahun 2013 sebanyak 31 persen peminum kopi memilih minuman gourmet seperti cappuccino dan latte. Kedua minuman ini dibuat dengan campuran susu, gula dan juga sirup sehingga menghasilkan kalori yang cukup besar.

7. Koktail

Minuman buah seperti pina coladas setidaknya mengandung 300 kalori dan lebih dari 30 gram gula. Minuman seperti koktail ini dapat dikategorikan sebagai minuman penambah berat badan namun tak disarankan dinikmati setiap hari.



Simak Video "Duel Minuman Boba Ekonomis, Antara Keluarga Vs Masa Lalu"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)