7 Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak yang Cocok untuk Diet

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 10 Sep 2020 08:00 WIB
Diet telur rebus Makanan Tinggi Protein. Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital
Jakarta -

Makanan tinggi protein dan rendah lemak serta kalori banyak diminati saat ini, terutama untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Protein juga dapat membantu membangun massa otot tanpa lemak.

Zat gizi ini selain berperan penting dalam pembentukan otot, juga penting untuk kulit, hormon dan hampir semua bagian yang penting dalam tubuh. Protein berkualitas tinggi juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena mengeluarkan hormon yang menekan rasa lapar, memperlambat pencernaan dan menstabilkan kadar gula darah.

Berikut beberapa makanan tinggi protein untuk diet yang bisa dikonsumsi untuk turunkan berat badan:

1. Tuna

Makanan tinggi protein dan rendah lemak yang baik salah satunya ada pada seafood dan makanan laut. Tuna dijual dalam keadaan segar ataupun kaleng. Ikan tuna mengandung sekitar 20 gram protein per 100 gram, tergantung pada jenis ikan tuna yang digunakan. Tuna juga disebut sebagai sumber protein tanpa lemak yang bagus untuk jantung.

2. Telur

Telur merupakan makanan tinggi protein rendah lemak yang baik untuk membangun masa otot. Seporsi telur dengan berat 100 gram telur ayam hanya mengandung 155 kalori dan 13 gram protein. Jika sedang menjalani program penurunan berat badan, lebih baik olah telur dengan cara direbus agar tak menambah kandungan lemaknya.

3. Bayam

Makanan tinggi protein dan serat salah satunya ada pada bayam. Bayam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan penglihatan dan tingkatkan sistem ketahanan imunitas. Bayam mengandung beta karoten, zeaxanthin, lutein dan klorofil. Ketiganya mampu meningkatkan daya penglihatan dan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin B1, B2, B3 dan B6.

4. Kacang Almond

Bagi kamu yang mencari camilan tinggi protein bisa mencoba kacang almond. Dalam setiap 30 gram, kacang almond mengandung 6 gram protein nabati, serat, vitamin E, mangan dan magnesium.

5. Tempe

Makanan tinggi protein dan serta juga ada dalam tempe. Makanan yang difermentasi dari kacang kedelai ini memiliki tekstur yang padat dan enak. Tempe cocok diolah dengan cara ditumis atau dicampurkan dengan sayur. Dalam 100 gram tempe 201 kkal energi, 20,8 g protein, 8,8 g lemak, 13,5 g karbohidrat dan 1,4 g serat.

6. Edamame

Makanan yang mengandung protein tinggi lainnya adalah edamame. Kacang-kacangan dari Jepang ini adalah kacang kedelai yang belum matang dan masih berada dalam polong.

Kacang berwarna hijau ini bisa menjadi cemilan sehat yang tinggi protein. Satu cangkir edamame mengandung 17 gram protein dan 52% kebutuhan vitamin K harian kamu.

7. Greek Yogurt

Greek yogurt adalah jenis yogurt yang lebih kental. Rasanya lezat dengan tekstur yang creamy dan mengandung banyak nutrisi. Greek yogurt versi tanpa lemak biasanya mengandung 17 gram protein per 170 gram. Makanan tinggi protein untuk diet seperti greek yogurt ini bisa mencampurnya dengan buah segar.



Simak Video "Tinggi Protein, Begini Cara Mengolah Ikan Nila!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)