Makanan dan Minuman Apa yang Bikin Gemuk? Ini Daftarnya

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 04 Okt 2020 07:00 WIB
Paduan bahan turunkan berat badan Foto: Istimewa
Jakarta -

Memiliki berat badan ideal menjadi dambaan setiap orang. Tentunya, untuk mencapainya perlu usaha. Selain olahraga juga harus menghindari beberapa makanan dan minuman yang bikin gemuk.

Tubuh gemuk sebenarnya bukan berarti tidak sehat. Akan tetapi sebaiknya kita memiliki berat badan yang ideal, tidak terlalu gemuk ataupun kurus. Karena tubuh yang terlalu kurus pun berisiko mengalami berbagai penyakit seperti tulang keropos, masalah kesuburan dan anemia.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang bisa bikin gemuk:

1. Minuman Bersoda

Minuman ini mengandung asam fosfat yang bersifat menimbun lemak di dalam tubuh. Minuman bersoda juga mengandung gula pemanis buatan. Sehingga kandungan karbohidratnya tinggi dan bisa berdampak langsung pada berat badan.

2. Susu

Susu digunakan sebagai penambah berat badan atau pembangunan otot. Susu juga memberikan keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak baik serta sumber kalsium yang baik dan vitamin serta mineral.

Selain itu, penelitian menemukan bahwa susu atau whey dan kombinasi kasein dapat menyebabkan peningkatan massa yang lebih besar daripada protein lainnya. Jika tak ingin gemuk sebaiknya pilih susu yang rendah kalori.

3. Nasi putih

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang bisa berkontribusi dalam penambahan berat badan. Dalam 165 gram nasi mengandung sekitar 190 Kkal. Nasi bisa menjadi pemicu kegemukan jika dikonsumsi terlalu banyak atau melebihi jumlah asupan karbohidrat dalam sehari.

Manfaat Konsumsi Santan, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Perkuat ImunitasManfaat Konsumsi Santan, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Perkuat Imunitas Foto: Getty Images/WillSelarep

4. Minuman berenergi

Meskipun memiliki rasa dan manfaat untuk menambah energi para peminumnya, minuman ini ternyata mengandung gula dan kafein yang tinggi.

Kandungan tersebut bila tidak dimanfaatkan secara maksimal bisa mengendap menjadi lemak di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan menjadi gemuk.

5. Kopi kekinian

Kopi menjadi salah satu minuman yang bisa bikin gemuk. Bukan kopi yang diseduh tanpa gula. Akan tetapi kopi kekinian ini adalah racikan kopi yang dibuat dengan mencampurkan susu dan gula ke dalamnya sehingga rasa lebih enak.

Bahkan beberapa penjual ada yang mencampurkannya dengan whipped cream yang memang mengandung tinggi kalori.

6. Minuman kemasan

Minuman yang bikin gemuk lainnya adalah minuman kemasan. Biasanya, minuman tersebut melewati banyak proses hingga akhirnya diedarkan ke masyarakat.

Untuk mencapai rasa yang pas dan tahan lama, minuman kemasan biasanya menggunakan pengawet hingga gula yang tinggi.

7. Fast food

Fast food memiliki sensasi rasa yang gurih. Makanan ini dikenal memiliki kalori yang cukup besar. Salah satu fast food yang terkenal adalah ayam goreng tepung hingga burger. Semuanya dibuat dengan karbohidrat dan protein, minim kandungan serat dari sayur.

8. Makanan bersantan

Makanan yang mengandung santan memiliki rasa gurih dan paling digemari. Akan tetapi makanan bersantan masuk dalam kategori makanan yang bisa bikin gemuk karena mengandung lemak jenuh dan kalori yang tinggi.





Simak Video "Duel Minuman Boba Ekonomis, Antara Keluarga Vs Masa Lalu"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)