Makanan Apa yang Bikin Gemuk? Ini Daftar Santapannya

Puti Yasmin - detikFood Jumat, 28 Agu 2020 07:00 WIB
Relaxation, leisure, rest, domesticity and coziness. Beautiful charming young female with chubby cheeks and curvy body sitting on sofa barefooted, keeping one foot on floor, smiling at camera Foto: iStock/Makanan Apa yang Bikin Gemuk? Ini Daftar Santapannya
Jakarta -

Memiliki berat badan ideal menjadi dambaan setiap orang. Untuk mencapainya seseorang harus melakukan diet menurunkan atau menaikkan berat badan. Lantas, makanan apa yang bikin gemuk?

Menggemukkan badan bukan berarti tidak sehat karena tubuh harus memiliki bobot yang ideal. Selain itu, memiliki tubuh terlalu kurus berisiko mengalami berbagai penyakit, seperti tulang keropos, kesuburan, hingga anemia.

Lantas, makanan apa yang bikin gemuk?

Camilan yang Bikin Gemuk

ilustrasi kacangIlustrasi Makanan yang Bikin Gemuk Foto: ilustrasi kacang

Kebiasaan ngemil memang sangat mengasyikkan. Walaupun begitu, beberapa camilan justru memiliki kalori yang besar sehingga bisa membuat tubuh cepat gemuk.

Misalnya, camilan kacang-kacangan diketahui memiliki kalori mencapai 200 kkal per 1 ons-nya. Padahal, banyak yang tidak sadar ketika mengonsumsi camilan ini apakah banyak atau sedikit.

Agar lebih sehat, jenis kacang bisa diganti dengan kacang almond, rebus, maupun mete. Sehingga, detikers bisa menambah bobot tubuh dengan cara yang lebih sehat.

Camilan lainnya adalah keju, makanan ini memiliki rasa yang gurih sehingga banyak orang yang suka menjadikannya camilan. Namun ternyata, keju mengandung kalori serta lemak jenuh yang tinggi sehingga bisa berdampak pada kesehatan tubuh.

Sayuran yang Bikin Gemuk

Olahan jagung manis enakIlustrasi Makanan yang Bikin Gemuk Foto: iStock

Percaya tidak percaya, ada sayuran yang bisa membuat tubuh menggemuk jika dikonsumsi berlebihan lho. Kentang menjadi salah satu sayuran yang memiliki tingkat karbohidrat yang tinggi.

Terlebih, kentang sering diolah dengan cara digoreng sehingga menambah kalori yang terdapat di dalam makanan tersebut. Diketahui, kalori kentang goreng bisa mencapai 311 kkal per 100 gramnya lho.

Selain kentang, ada juga jagung manis. Jagung memiliki kalori mencapai 366 kkal per 100 gramnya. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi sayuran di atas dengan batasan yang tepat ya.

Makanan yang Bikin Gemuk di Malam Hari

Resep Nugget Ayam Dan WortelIlustrasi Makanan yang Bikin Gemuk Foto: iStock

Makan di tengah malam tentu menjadi godaan setiap orang. Apalagi ditambah dengan mengonsumsi makanan beku seperti nugget bisa memicu kegemukan dalam seminggu.

Nugget diketahui mengandung banyak minyak, gula, garam sehingga total kalori di dalam makanan tersebut sangat tinggi. Apalagi saat makanan tersebut dipanaskan, maka nutrisi di dalamnya akan ikut berkurang.

Kemudian, ada juga pelengkap makanan yakni saos tomat yang bisa memicu kenaikan badan. Makanan ini mengandung High Fructose Corn Syrup (HFSC) yang kandungan gulanya sangat tinggi.

Untuk menyiasatinya, detikers bisa mengonsumsi susu cokelat hangat. Selain bisa menggemukkan badan, minuman ini mengandung tryptophan yang mendorong tidur lebih nyenyak.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Mie Instan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)