7 Minuman yang Bikin Gemuk, Batasi Agar tidak Tidak Berlebihan

Puti Yasmin - detikFood Kamis, 27 Agu 2020 08:00 WIB
Ilustrasi gemuk Foto: shutterstock
Jakarta -

Kegemukan bisa terjadi karena mengonsumsi kalori lebih banyak daripada yang dibakar oleh tubuh. Ternyata, kalori dalam jumlah berlebih tak melulu datang dari makanan. Ada juga minuman yang bikin gemuk karena kalorinya terhitung besar.

Saat tubuh mendapat asupan kalori berlebih akan ada banyak masalah kesehatan yang mengintai. Apalagi jika tak ditunjang pola hidup yang sehat seperti olahraga dan istirahat yang memadai. Misalnya obesitas, diabetes tipe 2, hingga penyakit jantung dan stroke.


Berikut daftar minuman yang bikin gemuk:

1. Soda

minuman soda kena virus coronaIlustrasi Minuman yang Bikin Gemuk Foto: iStock

Minuman ini mengandung asam fosfat yang bersifat menimbun lemak dalam tubuh. Ketika terlalu banyak mengonsumsi soda, tubuh otomatis akan menggemuk.

Selain kandungan asam fosfat, soda juga terbuat dari pemanis buatan. Artinya jumlah karbohidrat yang terkandung dalam minuman tersebut tinggi dan bisa berdampak pada berat badan.

2. Jus Smoothies

Two cold strawberry banana yogurt smoothies in pint glasses with striped straws. The berries and bananas are in the background in a colander and on a cutting board. A jar of yogurt is also in the background. Everything is on a faded wood picnic table.Ilustrasi Minuman yang Bikin Gemuk Foto: iStock

Jus dari buah-buahan memang diketahui banyak mengandung manfaat dan vitamin. Namun sayang, minuman tersebut biasanya diolah bersama susu atau yoghurt sehingga kalori yang terkandung tinggi.

Kalori yang tinggi diketahui berasal dari gula pemanis di dalam susu atau yoghurt. Maka dari itu, jus smoothies menjadi minuman yang bikin gemuk cepat.

3. Susu Cokelat

Susu cokelatIlustrasi Minuman yang Bikin Gemuk Foto: iStock

Walaupun memiliki rasa yang enak, susu ternyata memiliki kalori yang tinggi dan menjadi minuman yang bikin gemuk. Terlebih, susu cokelat yang diketahui mengandung kalori dan lemak jauh lebih tinggi dibandingkan minuman yang lain.

Untuk mengatasinya, detikers bisa mencoba susu rendah lemak atau susu kacang yang memiliki kalori lebih rendah untuk jadi minuman yang bikin kurus.

4. Alkohol

Anak-anak di India Diberi Minum AlkoholIlustrasi Minuman yang Bikin Gemuk Foto: India Today

Minuman beralkohol ternyata memiliki kalori mencapai 120 kkal per botolnya. Selain itu, minuman ini juga tidak memiliki kandungan nutrisi sehingga bisa menjadi tumpukan lemak dalam tubuh.

5. Minuman Berenergi

Energy drink cans.Ilustrasi Minuman yang Bikin Gemuk Foto: Thinkstock

Walaupun memiliki rasa dan manfaat untuk menambah energi para peminumnya, cairan ini ternyata mengandung gula dan kafein yang tinggi.

Kandungan tersebut bila tidak dimanfaatkan secara maksimal bisa mengendap menjadi lemak di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan menjadi gemuk.

6. Kopi Kekinian

kopi susu kekinianIlustrasi Minuman yang Bikin Gemuk Foto: iStock

Siapa yang tidak menyukai kopi? Apalagi saat ini ada berbagai macam jenis kopi kekinian yang sangat memikat dari segi rasa dan juga bentuk.

Kopi kekinian biasanya menggunakan campuran lain untuk resepnya, seperti susu, whipped cream, gula, hingga sirop. Maka dari itu, perhatikan betul kandungan kopi yang ingin kamu konsumsi ya.

7. Minuman Kemasan

minuman kemasanIlustrasi Minuman yang Bikin Gemuk Foto: shutterstock

Minuman yang bikin gemuk terakhir adalah kemasan. Biasanya, cairan tersebut melewati banyak proses hingga akhirnya diedarkan ke masyarakat.

Untuk mencapai rasa yang pas dan tahan lama, minuman kemasan biasanya menggunakan pengawet hingga gula yang tinggi. Nah, jangan lupa perhatikan minuman apa yang akan dikonsumsi ya.



Simak Video "Duel Minuman Boba Ekonomis, Antara Keluarga Vs Masa Lalu"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)