3 Tren Makanan Sehat Ini Cocok Buat Dicoba saat New Normal

Inkana Putri - detikFood Rabu, 22 Jul 2020 13:22 WIB
Pasta Foto: shutterstock
Jakarta -

Di era new normal, tren makanan sehat tampaknya terlihat di mana-mana. Bahkan, beberapa orang juga banyak yang berjualan berbagai macam makanan rumahan yang sehat dan bergizi.

Mengonsumsi makanan sehat memang sudah seharusnya dibiasakan di masa pandemi COVID-19 ini. Pasalnya, makanan dan minuman sehat dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mencegah, melawan, dan pulih dari infeksi seperti dikutip dari WHO.

Senada dengan hal ini, Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr. Adeline Devita mengatakan selama new normal pola hidup sehat dan bersih harus ditingkatkan. Pastikan perbanyak asupan makanan bergizi sesuai dengan kalori yang diperlukan oleh tubuh dengan menerapkan pola makan sehat dan bernutrisi, sehingga kesehatan dan daya tahan tubuh sudah pasti meningkat.

"Nutrisi yang baik untuk daya tahan tubuh adalah makanan yang sesuai dengan komposisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang memiliki kandungan karbohidrat, lemak dan protein juga serat. Dimana jika kekurangan zat gizi tersebut akan mempengaruhi dari kualitas kesehatan kita," ujarnya kepada detikcom baru-baru ini.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, gandum, daging segar, dan lainnya. Tak hanya makanan sehat, Anda juga perlu memilih jenis camilan yang sehat dan bergizi. Saat ini, banyak camilan sehat yang bisa Anda buat dalam waktu sekejap dan tanpa ribet seperti yang dikutip dari Tasty berikut ini.

Nutritious Oatmeal

Selama new normal, banyak orang yang berlomba-lomba mengonsumsi makanan sehat. Oatmeal menjadi salah satu makanan sehat pilihan banyak orang karena mudah dibuat. Selain itu, mengonsumsi oatmeal adalah cara yang bagus untuk tetap kenyang sampai makan siang. Hal ini karena oatmeal merupakan sumber serat larut yang sangat baik, jenis yang membantu menjaga kadar kolesterol.

Untuk membuat oatmeal bernutrisi, Anda bisa mencampur oatmeal dengan susu atau air hangat. Setelah itu, beri beberapa buah seperti pisang, alpukat, atau stroberi sebagai topping. Bagi Anda yang lebih suka makanan asin, oatmeal juga bisa digunakan sebagai pengganti bubur. Caranya, cukup seduh oatmeal dengan air hangat dan beri toping ayam, kacang, kecap, atau sayuran lainnya.

Green Salad

Selain oatmeal, salad juga menjadi makanan simple dan sehat yang banyak dikonsumsi. Agar salad terasa lezat, pastikan Anda gunakan sayuran yang segar dan hindari sayuran kaleng. Beberapa sayuran yang cocok untuk salad yakni, selada, timun, kol, tomat, jagung, kale, dan wortel. Jangan lupa untuk berikan beberapa protein seperti daging, telur, dan kacang-kacangan, kacang-kacangan, jika ingin salad menjadi makanan lengkap. Untuk dressing, Anda bisa gunakan olive oil atau mayonnaise.

Healthful Pasta

Siapa sangka kalau ternyata pasta bisa menjadi makanan sehat? Untuk membuat pasta sehat, Anda bisa gunakan pasta gandum, pasta oat bran atau pasta barley. Lalu, tambahkan sayuran dan protein sehat serta batasi sumber lemak jenuh seperti krim, mentega, keju, dan daging berlemak. Saat memasak pasta, Anda juga bisa gantikan minyak biasa dengan yang lebih sehat yakni, olive oil atau virgin coconut oil. Untuk saus pasta, Anda bisa gunakan pasta aglio olio dengan bahan dasar utama minyak zaitun dan bawang putih serta campuran paprika dan keju, atau pasta pesto yang sausnya terbuat dari daun basil, almond, minyak zaitun, dan keju.

Bagi Anda yang ingin tetap konsumsi makanan sehat yang lebih praktis, Fitbar bisa jadi solusinya. Fitbar merupakan snack bar sehat yang mengandung Australian Oats, Rice Crips dan Corn Flakes yang merupakan sumber serat yang bebas dari kolesterol, lemak trans, dan memiliki kandungan kalori yang rendah.

"Konsumsi snack sudah menjadi kebutuhan masa kini agar tubuh tetap fit. Sebaiknya konsumsi snack sehat yang rendah lemak, rendah kalori, tinggi serat, dan kaya akan nutrisi," ujar dr. Adelina.

Sebagai snack bar sehat, Fitbar hanya mengandung kalori sebanyak 90 kkal per saji, sehingga bisa dijadikan camilan sehat tanpa harus takut gemuk. Fitbar juga terdiri dari 4 varian rasa, yakni Chocolate, Fruits, Nuts dan Tiramisu Delight yang tentunya lezat.



Simak Video "Masak Masak: Camilan Sehat dari Jeruk"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)