Teh Hitam dan Teh Hijau, Mana yang Lebih Sehat?

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 25 Okt 2020 05:00 WIB
Teh hitam Foto: iStock
Jakarta -

Teh hitam dan teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi, kedua jenis teh ini punya karakteristik berbeda. Mana yang lebih sehat?

Teh merupakan minuman yang terbuat dari bagian daun, pucuk daun, dan tangkai tanaman Camellia Sinensis. Tanaman ini dikeringkan lalu nantinya diseduh dengan air panas agar bisa dinikmati sebagai teh.

Teh yang umum diminum ada 4 jenis. Keempatnya adalah teh hitam, oolong, teh hijau, dan teh putih. Di Indonesia sendiri, teh hitam dan teh hijau jadi primadona.

Kedua jenis teh ini punya karakteristik yang berbeda. Bisa langsung dilihat dari warnanya. Kalau teh hijau warnanya hijau kekuningan, sedangkan teh hitam warnanya cokelat pekat.

Teh umum dikonsumsi karena memiliki manfaat kesehatan. Bisa digunakan untuk membuat tubuh lebih rileks, tenang, dan meredakan flu.

Berikut 5 perbedaan teh hitam dan teh hijau:

1. Nutrisi Teh Hitam

Teh hitamTeh hitam Foto: iStock

Teh hitam adalah salah satu minuman yang terbuat dari tanaman Camellia Sinensis. Warnanya cokelat pekat karena termasuk jenis teh yang paling teroksidasi dibandingkan dengan teh oolong, teh hijau, dan teh lainnya.

Teh hitam sangat populer di kalangan pencinta teh karena rasanya yang pekat. Zaman dulu teh hitam ini banyak digunakan sebagai media pengobatan karena mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari Healthifyme (17/2), dalam 1 cup teh hitam (150 ml) mengandung nutrisi di antaranya ada 2,4 kalori, 0,4 gram karbohidrat, 0,1 gram serat, dan 0,1 gram protein.

Teh hiam juga dipercaya mengandung zat antioksidan dan kafein yang tinggi. Sekitar 20 mg kafein per 100 gram teh hitam.

Baca Juga: Minum Teh Hitam Saat Sarapan? Ini Manfaat Sehat dan Cara Seduhnya

2. Nutrisi Teh Hijau

green tea - teh hijaugreen tea - teh hijau Foto: iStock

Teh hijau juga umum dikonsumsi. Sama-sama terbuat dari tanaman Camellia Sinensis, namun teh hijau tidak mengalami oksidasi. Karena melalui proses pemanasan.

Teh hijau sangat populer di Jepang. Disebut dengan nama ryokucha. Teh hijau di Jepang juga kerap diubah jadi bubuk yang disebut matcha. Konon kandungan kafeinnya jauh lebih tinggi.

Dilansir dari Fat Secret, berikut nutrisi teh hijau dalam ukuran 100 gram. Terdapat 1 kalori dan 0,2 gram karbohidrat. Tak heran mengapa teh hijau banyak dikonsumsi untuk diet karena jumlah kalorinya yang sangat kecil.

Lalu untuk kafein yang terkandung dalam teh hijau ternyata lebih sedikit dibandingkan teh hitam. Terdapat 11 mg kafein yang terkandung dalam 100 gram teh hijau.

3. Manfaat Teh Hitam

glass teapot with chinese tea, cup of herbal teateh hitam Foto: detikFood/iStock

Selain nutrisi yang telah disebutkan, teh hitam juga mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk tubuh. Seperti amino acid dan theanine yang baik untuk meningkatkan konsentrasi dan relaksasi.

Senyawa tersebut membuat peminumnya terhindar dari stres berlebih. Teh hitam juga memiliki theaflavin. Baik digunakan untuk melindungi kesehatan jantung dan peredaran darah.

Bagi penderita diabetes, teh hitam juga bisa dikonsumsi untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Tubuh kita juga bisa terhindar dari kolesterol jahat, seperti dilansir Times of India (12/10).

4. Manfaat Teh Hijau

minuman sehat teh hijau, kopi hijau, matchateh hijau Foto: iStock

Manfaat dari mengonsumsi teh hijau yang sudah diketahui orang banyak adalah dapat menurunkan badan dengan cepat. Oleh karena itu, teh hijau sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pelaku diet.

Selain itu, ada beragam manfaat lainnya. Karena mengandung zat antioksidan yang tinggi, teh hijau baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas. Bisa juga digunakan untuk menangkal radikal bebas agar terhindar dari penyakit kronis.

Teh hijau juga baik digunakan untuk kecantikan kulit dan wajah. Biasanya dijadikan bahan untuk membuat masker wajah atau suplemen.

Kadar asam yang terkandung dalam teh hijau juga jauh lebih sedikit dibandingkan teh hitam. Jadi, aman dikonsumsi untuk mereka yang memiliki masalah kesehatan lambung, seperti dilansir dari Times of India (12/10).

5. Jadi, Mana yang Lebih Sehat?

Minum Teh Hijau dan Kopi Bisa Turunkan Risiko Kematian Penderita Diabetesteh hijau Foto: iStock

Kalau ditanya mana yang lebih sehat antara teh hitam dan teh hijau, jawabannya tergantung kebutuhan tubuh. Untuk kamu yang ingin mengonsumsi banyak kafein, teh hitam bisa jadi pilihan. Karena bisa membuatmu lebih fokus.

Sedangkan untuk kamu yang tak bisa mengonsumsi kafein terlalu banyak karena memiliki masalah kesehatan lambung, teh hijau bisa diandalkan. Teh hijau memiliki sifat yang membuatmu tenang.

Kalau ingin menurunkan berat badan dengan mengonsumsi teh, teh hijau jawabannya. Karena kalori yang dikandung teh hijau lebih sedikit sebesar 1 kalori saja.

Baca Juga: Minuman Sehat Teh Hijau, Kopi Hijau, dan Matcha, Mana Paling Bagus?



Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com