5 Efek Buruk Kesehatan Jika Kurang Konsumsi Sayuran dan Buah

Odilia WS - detikFood Selasa, 22 Sep 2020 08:00 WIB
5 efek buruk kurang makan sayuran dan buah Foto: iStock
Jakarta -

Tak sekedar slogan dan anjuran, makan buah dan sayuran harus dilakukan tiap hari. Jika tidak, 5 efek buruk kesehatan ini akan kamu alami cepat atau lambat.

Dalam kecukupan gizi seimbang, selain karbohidrat, protein dan lemak, orang dianjurkan konsumsi buah dan sayuran. Jumlahnya 4 porsi buah segar dan 5 porsi sayuran. Dikonsumsi bersama sumber nutrisi lain dalam menu harian.

Hal ini karena buah dan sayuran memberi asupan serat, air, mineral dan vitamin penting yang diperlukan tubuh. Jika sedikit konsumsi buah dan sayuran atau tidak sama sekali pastinya akan memberi dampak buruk pada kesehatan. Kulit kusam, darah tinggi hingga penyakit jantung.

Dilansir dari livestrong (26/8) dan berbagai sumber, ini 5 dampak negatif pada kesehatan jika kurang konsumsi buah dan sayuran segar.

1. Berat badan naik

Mungkin kamu pernah beberapa kali mencoba berdiet untuk turunkan berat badan tetapi tak pernah berhasil. Bisa jadi hal tersebut karena kamu kurang konsumsi sayuran dan buah segar. Selain memberi asupan vitamin dan mineral, buah dan sayur segar bisa bantu turunkan berat badan.

Karena buah dan sayuran mengandung sejumlah serat yang akan memberi rasa kenyang lebih lama. Akibatnya keinginan kamu makan banyak atu ngemil jadi berkurang. Buah juga mengandung banyak air sehingga menghidrasi tubuh dengan baik.

Jika kamu kurang konsumsi buah dan sayuran harian seperti dianjurkan dalam gizi seimbang, tentu saja berat badan sulit turun. Tambah porsi buah dan sayuran agar tubuh lebih sehat, berat badan turun karena rata-rata kalorinya kecil.

Penyebab sakit perut setelah minum kopi5 Efek Buruk Kurang Makan Sayuran dan Buah. Foto: iStock

2. Pencernaan tidak lancar

Seperti diketahui kondisi bakteri dalam usus berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Dalam hal ini serat berperan penting dalam mempengaruhi jumlah serta jenis bakteri dalam usus.

Serat alami terdapat banyak pada buah dan sayuran segar yang berperan dalam pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Jadi jika kurang asupan serat dari buah dan sayuran bisa berakibat imunitas tubuh terganggu.

Berdasarkan studi 'American Gut: an Open Platform for Microbiome Research' tahun 201 disebutkan orang yang mengasup kurang dari 10 jenis makanan dari tanaman per minggi akan mengalami gangguan usus. Dibandingkan mereka yang mengasup 30 jenis lebih.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menjajal Martabak Manis Tradisional di Bogor "
[Gambas:Video 20detik]