Daripada Jadi Masker, Buah dan Sayuran Lebih Baik Langsung Dimakan

Devi Setya - detikFood Selasa, 01 Sep 2020 10:30 WIB
Daripada Jadi Masker, Buah dan Sayuran Lebih Baik Langsung Dimakan Foto: Getty Images/iStockphoto/agencyby
Jakarta -

Banyak wanita mengolah aneka buah dan sayuran untuk jadi masker wajah. Padahal sebenarnya nutrisi buah dan sayuran akan lebih optimal saat dikonsumsi langsung.

Berbagai jenis buah dan sayuran seperti mentimun, strawberry hingga tomat kerap diolah jadi masker wajah. Harapannya tentu saja agar kulit wajah bisa mendapat nutrisi. Ternyata cara ini dianggap salah karena nutrisi buah dan sayur akan lebih optimal terserap ketika dimakan langsung.

Dr. Imelda T. Pardede, seorang ahli gizi sekaligus dokter spesialis kulit dan kelamin menjelaskan lewat siaran IG Live di instagram @perdoski.id. Instagram resmi Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia ini sengaja mengundang Dr. Imelda untuk bisa menjelaskan pengaruh makanan pada kesehatan kulit.

Dr. Imelda menjelaskan nutrisi untuk kulit yang ternyata bisa didapatkan dari banyak konsumsi buah serta sayuran. Perempuan yang kini juga mengajar di Universitas Riau ini menegaskan kalau buah dan sayuran sebaiknya dikonsumsi langsung dalam bentuk utuh.

Berikut penjelasan Dr. Imelda T. Pardede, M. Gizi, Sp.KK dari IG Live @perdoski.id (28/8).

1. Pengaruh konsumsi buah pada kesehatan kulit

Daripada Jadi Masker, Buah dan Sayuran Lebih Baik Langsung DimakanDaripada Jadi Masker, Buah dan Sayuran Lebih Baik Langsung Dimakan Foto: Getty Images/iStockphoto/agencyby

Dr. Imelda mengatakan kulit merupakan organ terluar sekaligus terbesar di tubuh manusia. Kulit juga organ yang tampak dan terlihat dengan jelas. Berbagai nutrisi untuk kulit jelas sangat berperan aktif karena kecukupan atau kekurangan nutrisi bisa langsung terlihat lewat kulit.

"Jadi kalau ditanya seberapa penting nutrisi untuk kesehatan kulit, nutrisi sangat berperan aktif. Karena kalau nutrisi tercukupi maka kulit akan tampak sehat, tidak kering atau kusam," jelas Dr. Imelda.

Untuk memenuhi nutrisi yang baik untuk kulit, pastikan selalu mengonsumsi banyak sayuran dan buah. Menjaga pola makan sehat juga membantu menjaga kesehatan kulit.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Hilangkan Dahaga dengan Es Stik Buah"
[Gambas:Video 20detik]