5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Jerawat Makin Parah

Odilia WS - detikFood Sabtu, 29 Agu 2020 10:00 WIB
Acne pus, Close up photo of acne prone skin, Woman squeezing her pimple, Removing pimple from her face. Foto: ilustrasi/thinkstock

4. Daging merah

Yang tergolong daging merah adalah daging sapi, daging kambing/domba dan daging babi. Jika sedang berjerawat sebaiknya kurangi atau hentikan sementara konsumsi daging merah. Menurut Susan Tucker, seolah ahli nutrisi holistik, mereka yang mengonsumsi banyak makanan berbasis tanaman memiliki kulit lebih bersinar dan cerah.

Hal ini berkaitan dengan kesehatan pencernaan, mengingat mencerna daging merah perlu waktu lebih panjang dan lama. Sementara asupan sayuran segar memberi antioksidan, serat, mineral dan vitamin yang berfungsi sebagai detoks tubuh. Juga memperlancar pencernaan dan membuat kulit lebih sehat. Mereka yang jerawatan juga mengaku kulitnya lebih mulus setelah berhenti konsumsi daging merah.

Energy drink cans.Makanan dan minuman yang bikin jerawat makin parah. Foto: Thinkstock

5. Minuman energi

Minuman energi kini banyak variasi rasa yang makin menarik. Selain tinggi kandungan gula juga mengandung vitamin B yang bisa mengiritasi kulit. Dr. Leslie Baumann, ahli jerawat dari Miami mengatakan vitamin B6 dan B12 yang ada dalam multivitamin dan vitamin yang ditambahkan dalam minuman energi berpengaruh pada kulit, sebaiknya dihindari.

Jika konsumsi minuman energi menunjukkan gejala munculnya jerawat, sebaiknya hentikan dulu dan perhatikan apakah kulit wajah menjadi bersih setelahnya. Sebagai pengganti minum air putih atau minuman energi tanpa tambahan vitamin B dengan kadar gula yang rendah.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com