Skincare Alami dengan Masker dan Pelembap Kayu Manis

Devi Setya - detikFood Senin, 22 Jun 2020 12:30 WIB
kayu manis Foto: Foodbeast
Jakarta -

Kayu manis kerap ditambahkan sebagai bumbu masak atau penambah aroma pada kue dan minuman. Selain untuk masakan, kayu manis juga bisa diandalkan sebagai skincare alami.

Setiap wanita pasti mendambakan wajah cantik dengan kulit sehat dan terawat. Tapi ada saja hal yang membuat kulit wajah bermasalah, misalnya polusi dan paparan sinar matahari berlebih.

Untuk mendapatkan kulit sehat dan terawat, kamu bisa mengandalkan kayu manis. Kandungan antimikroba pada kayu manis bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Bubuk kayu manis bahkan sudah lama dijadikan bahan perawatan kulit oleh para wanita India.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa khasiat kayu manis untuk kesehatan kulit wajah.

1. Masker wajah

A bottle of essential oil with cinnamon bark on a rustic backgroundA bottle of essential oil with cinnamon bark on a rustic background Foto: iStock


Kayu manis bubuk bisa dijadikan masker alami. Teksturnya yang agak kasar akan membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel di wajah. Masker kayu manis ini juga bisa digunakan rutin tanpa menyebabkan efek samping.

Untuk membuat masker ini, kamu hanya perlu mencampur bubuk kayu manis dan yogurt. Aduk hingga rata lalu oleskan ke wajah sambil dipijat perlahan dengan gerakan memutar. Diamkan masker selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Masker wajah ini membantu membersihkan kulit wajah sehingga bebas dari komedo dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Sifat antimikroba pada kayu manis juga membuat wajah terhindar dari jerawat.

Baca juga : Kayu Manis Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?


2. Mencerahkan kulit
Kayu manis juga punya fungsi mencerahkan kulit, membuat kulit bercahaya dan mengecilkan pori-pori. Kamu bisa mencampur buah pisang, bubuk kayu manis dan air perasan jeruk lemon untuk membuat masker pencerah ini.

Selain mencerahkan kulit, bubuk kayu manis juga bisa mengobati peradangan pada kulit wajah. Peradangan kulit biasanya terjadi saat kulit terkena sinar matahari berlebih, misalnya habis berjemur di pantai.

Sifat antibiotik pada kayu manis bubuk juga mencegah timbulnya masalah kulit seperti jerawat dan warna kulit tidak merata. Kamu bisa mengoleskan minyak kayu manis ke seluruh wajah sambil dipijat perlahan.

3. Mencegah penuaan dini

Aging. Mature woman-young woman.Face with skin problemAging. Mature woman-young woman.Face with skin problem Foto: iStock


Garis halus yang muncul di sekitar mata, bibir dan beberapa area wajah lain bisa menjadi tanda penuaan dini. Untuk mengurangi garis halus dan keriput ini bisa mengandalkan kayu manis.

Untuk menghalau penuaan dini, kamu bisa mencampur bubuk kayu manis dengan minyak zaitun. Usapkan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

Campuran ini bisa diaplikasikan pada wajah setiap malam sebelum tidur. Jika digunakan rutin maka garis halus perlahan akan hilang dan kulit wajah jadi terasa lembab dan halus.

4. Merawat kulit berjerawat
Untuk membantu mengobati dan menghilangkan bekas jerawat, kamu bisa mencoba memanfaatkan kayu manis. Coba campurkan kayu manis dan madu, aduk hingga rata lalu oleskan ke seluruh wajah.

Kandungan antioksidan dan antibakteri pada kayu manis membantu mengurangi perkembangan bakteri penyebab jerawat. Selagi merawat wajah dengan kayu manis, kurangi konsumsi junk food, makanan pedas dan pastikan membersihkan wajah dengan benar.

Baca juga : Bubuhi Makanan atau Minuman dengan Kayu Manis agar Khasiatnya Lebih hebat (1)


5. Pelembab bibir alami

kayu maniskayu manis Foto: Foodbeast


Bukan hanya bisa diandalkan untuk merawat kulit wajah, kayu manis juga bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan bibir. Pelembab bibir yang terbuat dari kayu manis bisa melindungi bibir kering dan pecah-pecah.

Pelembab bibir ini bisa dibuat dengan mencampur minyak kelapa dan bubuk kayu manis. Oleskan sambil memijat bibir dengan perlahan. Jika digunakan secara rutin, pelembab ini membantu mencerahkan bibir serta menjaga kulit bibir agar tak kering dan pecah-pecah.




Simak Video "Yuk Kita Lihat Cara Membuat Kayu Manis!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)