Tambahkan Bayam Dalam Menu Sarapan Agar Dapat 5 Khasiat Sehatnya

Riska Fitria - detikFood Jumat, 21 Agu 2020 06:00 WIB
Khasiat sayur bayam untuk menu sarapan Foto: iStock

2. Bayam Merupakan Makanan Fungsional

Khasiat sayur bayam untuk menu sarapanKhasiat sayur bayam untuk menu sarapan Foto: iStock

Khasiat bayam dalam kesehatan ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function, para peneliti merangkum efek perlindungan bayam berdasarkan aktivitas fitokimia dan senyawa bioaktif yang terjadi secara alami.

Temuan penelitian tersebut menyatakan bahwa zat dalam kandungan bayam dapat mengurangi stres oksidatif, kerusakan DNA dan berbagai penyakit. Zat itu juga bisa secara positif mempengaruhi kelancaran metabolisme sehingga menghindari terjadinya peradangan dalam tubuh.

Tak berhenti sampai itu, khasiat bayam yang dihasilkan dari zat tersebut dapat memicu pelepasan hormon rasa kenyang. Karenanya, bayam sangat cocok untuk menu diet bagi yang ingin menurunkan berat badan bahkan bisa mengatasi obesitas.

3. Bayam Baik untuk Kesehatan Otak

Khasiat sayur bayam untuk menu sarapanKhasiat sayur bayam untuk menu sarapan Foto: iStock

Sifat anti inflamasi pada sayur bayam dapat melindungi kesehatan otak, terutama perihal daya ingat. Khasiat bayam itu telah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut para peneliti memperhatikan pola makan dan kemampuan kognitif lebih dari 950 orang dewasa selama lima tahun.

Para peneliti kemudian tidak menemukan penurunan kognitif pada mereka yang mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau seperti bayam. Data menunjukkan bahwa orang yang makan satu hingga dua porsi sayuran hijau setiap hari memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan orang bersua 11 tahun lebih muda.

Sementara sebaliknya, para peneliti mendapati orang-orang yang jarang mengonsumsi sayuran hijau justru memiliki kemampuan kognitif yang jauh di bawah rata-rata. Sayur bayam bisa menjadi pilihan, selain mudah diolah juga mudah ditemui.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Kue Putri Mandi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com