Masakan Rumah Enak

Sajikan Sayur Bening Enak dan Segar dengan 5 Tips Ini

Devi Setya - detikFood Selasa, 27 Agu 2019 17:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Masakan Rumah Enak
Jakarta - Sayur bening jadi salah satu hidangan yang paling mudah dibuat. Berbekal sayuran dan beberapa bumbu sederhana, sayur bening siap menambah selera makan.

Membuat sayur bening enak memang kelihatannya mudah tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rasanya enak dan segar. Ikuti tips berikut untuk hasilkan sayur bening yang segar.

1. Pilih jenis sayuran yang pas
Sajikan Sayur Bening Enak dan Segar dengan 5 Tips Ini Foto: iStock

Untuk membuat sayur bening biasanya digunakan jenis sayuran yang rasanya netral dan teskturnya tidak terlalu liat. Anda bisa memakai sayur bayam, katuk ataupun oyong untuk membuat sayur bening.

Pilih sayuran yang segar, untuk sayur bayam dan katuk petiki bagian daun dan batang mudanya saja lalu cuci hingga bersih dan tiriskan. Sementara kalau mau membuat bening oyong maka kupas dulu oyong lalu potong- potong kasar.

Baca juga : Dengan 3 Bahan Ini Anda Bisa Bikin Sayur Bening yang Sedap

2. Pilih pelengkap
Sajikan Sayur Bening Enak dan Segar dengan 5 Tips Ini Foto: iStock

Banyak bahan pelengkap yang bisa diandalkan sebagai campuran dalam sayur bening. Beberapa bahan yang biasa digunakan yakni jagung, wortel dan labu kuning, ubi kuning. Selain menambah nilai gizi, bahan tambahan ini juga membuat sayur bening lebih beragam citarasanya.

Jika menggunakan bahan tambahan yang lebih lama matangnya maka harus direbus terlebih dahulu hingga matang sebelum memasukkan sayuran. Misalnya memakai jagung manis, rebus dahulu jagung manis hingga lunak baru tambahkan sayuran lainnya.

Sebagai solusi agar proses memasak tidak lama, bisa siasati dengan menyisir biji jagung atau menggunakan jagung pipil. Sementara kalau menambahkan wortel, potong wortel menjadi bagian yang kecil agar cepat lunak.

3. Bumbu sederhana
Sajikan Sayur Bening Enak dan Segar dengan 5 Tips Ini Foto: iStock

Bumbu utama yang dibutuhkan untuk membuat sayur bening sangatlah simpel. Anda hanya perlu menyiapkan bawang merah, sedikit bawang putih, temu kunci, gula pasir dan garam. Tambahan temu kunci pada sayur bening membuat rasa dan aromanya lebih harum menggugah selera.

Rempah yang berbentuk jari-jari memanjang ini bisa langsung ditambahkan dalam sayur bening. Temu kunci tak perlu diiris kecil karena kalau termakan maka rasanya akan merusak selera. Jika rimpangnya besar cukup geprek atau memarkan. Temu kunci yang digunakan juga harus disesuaikan dengan porsi sayur yang dibuat, pastikan tidak menambah temu kunci terlalu banyak.

4. Sajikan hangat saat baru dimasak
Tidak butuh waktu lama untuk membuat sayur bening jadi usahakan membuatnya secara mendadak. Sayur bening hangat yang baru matang akan terasa lebih enak dan segar saat disantap.

Proses memasak bening bayam atau katuk misalnya, setidaknya hanya dibutuhkan waktu 10 menit saja. Dimulai dengan mendidihkan air bersama irisan bawang merah dan temu kunci yang sudah dimemarkan. Lalu masukkan jagung atau wortel hingga empuk, terakhir masukkan sayuran, diamkan sebentar dan angkat. Jangan lupa tambahkan sedikit garam dan gula pasir agar rasanya sedap.

5. Jangan dipanaskan
Sajikan Sayur Bening Enak dan Segar dengan 5 Tips Ini Foto: Istimewa

Sayur bening idealnya dimasak untuk sekali santap dan tidak disarankan untuk dipanaskan. Khusus sayur bayam, jika dipanaskan ulang maka akan menjadi racun bagi tubuh. Demikian juga ketika sayur bening bayam didiamkan dalam waktu lama.

Solusinya adalah memasak sayur bening dalam jumlah yang pas. Atau jangan memasukkan bayam atau daun katuk sekaligus. Cukup masukkan dan rebus untuk sekali saji. Jika akan menyantap lagi tinggal panaskan kuahnya dan masukkan daun bayam atau katuk, rebus hingga layu. Dengan cara ini selalu tersaji sayur bening yang segar.

Baca juga : Kenapa Sayur Bayam Tak Boleh Dipanaskan Lagi?

Simak Video "Resep Ayam Geprak"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Masakan Rumah Enak