Tambahkan Bayam Dalam Menu Sarapan Agar Dapat 5 Khasiat Sehatnya

Riska Fitria - detikFood Jumat, 21 Agu 2020 06:00 WIB
Khasiat sayur bayam untuk menu sarapan Foto: iStock
Jakarta -

Sayur bayam bisa dijadikan menu sarapan yang sehat. Khasiat sehat bayam sangat banyak, mulai dari menyehatkan otak hingga mata.

Khasiat sehat bayam telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Dalam 100 gram bayam mengandung 23 kalori, 91% air, 2,9 gram protein, 3,6 gram karbohidrat dan 2,2 gram serat. Selain itu, bayam juga dikemas dengan vitamin K, A dan C yang jumlahnya banyak.

Maka tak heran, bayam memiliki sederet khasiat kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, menyehatkan otak, mengatur tekanan darah hingga menyehatkan mata. Untuk mendapatkan khasiat sehat bayam tersebut dianjurkan untuk memasukkan bayam ke dalam menu harian, termasuk saat sarapan.

Bayam bisa diolah menjadi berbagai menu sehat untuk sarapan. Sayur bayam bisa dicampur dengan makanan lain, seperti telur, tempe atau jagung. Cara membuatnya juga mudah dan sederhana.

Dilansir dari Health (18/08) berikut 5 khasiat bayam yang cocok untuk menu sarapan.

1. Bayam Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Khasiat sayur bayam untuk menu sarapanKhasiat sayur bayam untuk menu sarapan Foto: iStock

Karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam bayam, bayam sampai dijuluki dengan sebutan superfood. Bayam kaya akan antioksidan yang nantinya berkhasiat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan antioksidannya termasuk kaempferol, flavonoid yang terbukti dapat menguraNgi risiko penyakit kanker serta memperlambat pertumBuhan dan penyebarannya. Selain itu ada juga senyawa yang disebut quercetin. Kandungan itu berperan untuk melindungi daya ingat otak.

Tak hanya itu, quercetin juga sering dikaitkan dengan menurunkan risiko penyakit jantung hingga diabetes tipe 2. Banyak ahli gizi yang menganjurkan untuk memasukkan bayam ke dalam menu harian untuk mendapatkan khasiat bayam tersebut.

Baca Juga : Tambah Daya Tahan Tubuh dengan Sarapan 5 Menu Bayam Enak Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]