Apa Benar Sarapan Nasi Bikin Gemuk? Cek 5 Fakta Soal Nasi Ini

ADVERTISEMENT

Nasi Nusantara Autentik

Apa Benar Sarapan Nasi Bikin Gemuk? Cek 5 Fakta Soal Nasi Ini

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 19 Agu 2020 06:00 WIB
Fakta kesehatan makan nasi
Fakta sehat makan nasi Foto: iStock

2. Waktu yang Tepat Makan Nasi

Fakta kesehatan makan nasiFakta kesehatan makan nasi Foto: iStock

Selain porsinya, makan nasi akan lebih baik dilakukan di waktu yang tepat. Aturan itu bisa berefek pada kesehatan tubuh. Waktu yang tepat makan nasi adalah saat siang hari. Hal tersebut pernah dibahas oleh sebuah penelitian.

Dalam penelitian tersebut ditemukan ada beberapa alasan mengapa makan nasi baik dilakukan saat siang hari. Alasan pertama adalah ketika siang hari, metabolisme tubuh lebih cepat sehingga dapat mencerna semua makanan berat.

Berbeda dengan saat pagi hari, metabolisme tubuh masih lambat, sehingga lebih lama dicerna. Hal tersebut bisa memicu kegemukan. Alasan kedua, pada siang hari tingkat aktivitas tubuh manusia sangat tinggi, sehingga perlu energi lebih banyak. Kandungan karbohidrat pada nasi bisa memasok energi yang dibutuhkan tubuh.

3. Jenis Beras yang Bagus untuk Menurunkan Berat Badan

Fakta kesehatan makan nasiFakta kesehatan makan nasi Foto: iStock

Beras memiliki berbagai jenis, seperti beras putih, beras hitam, beras merah dan beras coklat. Jenis beras tersebut memiliki jumlah kalori yang berbeda-beda. Dalam 100 gram beras putih mengandung 150 kalori, beras coklat memiliki 111 kalori.

Sementara dalam 250 gram beras merah mengandung 216 kalori dan beras hitam 280 kalori. Dilihat dari jenis beras, Helianti Hilman menyatakan bagi yang ingin menurunkan berat badan sebaiknya memilih jenis beras merah atau jenis beras hitam.

"Beras merah atau beras hitam bisa, asalnya bukan beras putih," ujar Helianti Hilman, pemilik Javara kepada detikcom (14/08). Selain itu, jenis beras tersebut juga baik bagi mereka yang menderita penyakit diabetes.



Simak Video "Mengeskplore Madeleine Coffee di Kafe Berusia 150 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT