Hati-Hati! 5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Perlemah Daya Tahan Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 07 Agu 2020 06:00 WIB
5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Perlemah Daya Tahan Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/Xsandra
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, daya tahan tubuh yang kuat sangat diperlukan. Karenanya hindari 5 kebiasaan makan yang bisa memperlemah daya tahan tubuh.

Memiliki daya tahan tubuh kuat bisa membuat seseorang terhindar dari berbagai penyakit. Begitupun di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, sangat disarankan bagi setiap orang memperkuat daya tahan tubuhnya agar terhindar dari infeksi virus Corona.

Cara paling mudah adalah mengonsumsi berbagai makanan sehat. Asupan vitamin boleh diandalkan, tapi bukan sebagai hal utama. Hindari juga kebiasaan makan yang bisa melemahkan daya tahan tubuh.

Salah satunya mengonsumsi banyak gula dan kafein sehari-hari. Keduanya tak disarankan untuk dikonsumsi berlebih karena berefek buruk untuk kesehatan.

Berikut 5 kebiasaan makan yang bisa perlemah daya tahan tubuh:

1. Konsumsi banyak garam

5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Perlemah Daya Tahan Tubuh5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Perlemah Daya Tahan Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/Xsandra

Garam terkandung hampir di setiap makanan gurih yang kita konsumsi, terutama makanan cepat saji yang terkenal nikmat. Kelebihan garam atau sodium dalam tubuh bisa memicu masalah seperti retensi cairan dan tekanan darah tinggi.

Namun penelitian terbaru dari University Hospital of Bonn pada manusia dan tikus menemukan terlalu banyak asupan garam bisa membuat daya tahan tubuh melemah. Peneliti menemukan ketika ginjal mengeluarkan kelebihan sodium, efek domino terjadi pada tubuh sehingga mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri.

Meski COVID-19 adalah penyakit virus, namun bisa menyebabkan infeksi bakteri sekunder. Soal asupan garam harian, disarankan tak lebih dari 2.300 mg per hari bagi orang dewasa. Kurangi konsumsi makanan cepat saji dan makanan kalengan yang tinggi garam. Sebagai solusinya, bumbui makanan juga dengan rempah dan herba alami.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]