Peneliti Sebut Minum 4 Cangkir Kopi dalam Sehari Aman untuk Kesehatan

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 26 Apr 2017 11:20 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kopi dikenal sebagai minuman pembangkit energi di pagi hari. Tetapi kafein dalam kopi perlu dicermati asupannya. Berapa batas amannya?

Kandungan kafein dalam kopi sering diperdebatkan. Akan tetapi sekelompok ahli menyimpulkan bahwa kecanduan kafein mungkin tidak seburuk yang sering kita pikirkan.

Setelah meninjau lebih dari 740 studi, ilmuwan dari International Life Sciences Institute (ILSI) menemukan bahwa minum secangkir kopi setiap hari tidak membawa risiko pada kesehatan sama sekali.

Peneliti Sebut Minum 4 Cangkir Kopi dalam Sehari Aman untuk KesehatanFoto: iStock
Dilansir oleh Independent (25/04), data menunjukkan bahwa mengonsumsi 400 mg kafein atau setara dengan empat cangkir kopi aman untuk orang dewasa. Selama jumlah ini tidak ditambah secara teratur.

Disebutkan juga penemuan bahwa wanita hamil dapat minum 300 mg tanpa efek samping. Sementara itu, bagi anak-anak juga aman mengonsumsi 2,5 mg sehari.

Studi di Amerika Serikat melihat lima efek kafein terhadap kesehatan termasuk toksisitas akut, tulang, jantung, otak dan sistem reproduksi.

Untuk mencoba dan menentukan keefektifannya, para peneliti melakukan kajian ekstensif terhadap penelitian yang diterbitkan antara tahun 2001 dan 2015.

"Ini memberikan bukti perlu adanya pemahaman lebih lanjut mengenai kafein pada kesehatan manusia," tulis Dr Eric Hentges, selaku direktur eksekutif ILSI.

Peneliti Sebut Minum 4 Cangkir Kopi dalam Sehari Aman untuk KesehatanFoto: iStock
"Selain itu, juga memberikan data kepada masyarakat dan bukti berharga untuk mendukung pengembangan dan pelaksanaan penelitian keamanan kafein di masa depan yang akan berdampak pada kesehatan masyarakat," jelas Hentges.

Ia juga menyebutkan bahwa transformasi menyeluruh yang digunakan untuk membagikan data akan mendorong penelitian lain untuk membangun studi ini. Namun, dengan variasi besar dalam jumlah kafein pada kopi yang banyak dijual, asupan harian kita seringkali bisa lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Penting juga untuk mengenali bahwa barang lain mengandung kafein. Termasuk teh, dark chocolate serta beberapa minuman ringan lain dan bahkan beberapa obat. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com