5 Minuman Ini Cocok Buat yang Sedang Turunkan Berat Badan

Odilia WS - detikFood Senin, 27 Jul 2020 09:00 WIB
Delicous chicken soup with carrots, onions and parsnips. The soup is served in a bowl with creme fresh and grilled toast. Foto: iStock

2. Kopi

Kopi nyaris tak mengandung kalori. Karenanya cocok dikonsumsi mereka yang sedang menurunkan berat badan. Yang baik dikonsumsi kopi hitam atau kopi pahit mengandung 2 kalori. Bukan kopi susu atau kopi kemasan yang sudah ditambah gula dan krimer.

Tetapi apakah kopi bisa turunkan berat badan? Riset yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, Desember 2019, mencatat mereka yang selama 24 minggu minum 4 cangkir kopi tiap hari, lebih banyak kehilangan lemak. Dibandingkan yang tidak minum kopi.Tetapi minum 4 cangkir kopi terlihat melewati batas normal.

Sementara pada studi lain menyebutkan kafein membuat rasa kopi menjadi kurang manis dibandingkan rasa aslinya.Hal ini dicatat pada riset tahun 2017 yang dipublikasikan di Journal of Food Science. Sementara jika kamu minum kopi berkafein bisa membuat siklus tidur kacau yang bisa memicu kenaikan berat badan.

People drinking coffee high angle viewKopi Foto: iStock

3, Teh Hijau

Seperti halnya air putih dan kopi karena tak mengandung pemanis, teh hijau sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Satu cangkir teh hijau mengandung 0 kalori. Jika dikonsumsi tanpa tambahan gula benar-benar bisa membantu penurunan berat badan.


Dalam riset tahun 2010 yang dipublikasikan di Journal of the American Collage of Nutrition dicatat setelah 8 minggu orang yang minum 4 cangkir eh hijau setiap hari mengalami penurunan berat badan signifikan. Dibandingkan mereka yang minum air putih saja.

Selain itu teh hijau juga terkenal akan khasiat sehatnya. Kandungan antioksidan dalam teh hijau bermanfaat mendukung kesehatan jantung, mencegah kanker hingga penuaan dini. Jadi selain menurunkan berat badan juga menjaga kesehatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Puding Buah dalam Semangka"
[Gambas:Video 20detik]