Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Minum Air Lemon Tiap Hari

Odilia WS - detikFood Jumat, 24 Jul 2020 07:00 WIB
air lemon Foto: air lemon
Jakarta -

Konsumsi air lemon setiap hari banyak dilakukan pelaku hidup sehat. Tahukah kamu bahwa air putih yang dicampur dengan air lemon punya efek pada tubuh?

Banyak dokter menganjurkan orang mengonsumsi minimal 3.7 liter air putih setiap hari. Bisa saja jumlah itu bertambah tergantung aktivitas dan jenis kelaminnya. Tetapi konsumsi air diperlukan untuk menghidrasi tubuh.

Belakangan pelaku hidup sehat memilih minum 'infused water'. Air putih dicampur dengan irisan buah dan sayuran untuk mendapatkan manfaat lebih sehat. Termasuk air lemon, air putih diberi jus lemon dan irisan jeruk lemon.

Cara mudah membuat air lebih sehat ini banyak dilakukan orang. Tetapi adakah efek atau manfaat jika orang minum air lemon setiap hari? Dilansir dari mashed (22/7), berikut ini beberapa hal yang terjadi pada tubuh saat kamu minum air lemon tiap hari.

air lemonMinum air lemon tiap hari. Foto: air lemon

1. Mendapat asupan vitamin C

Jeruk lemon termasuk kelaompok jeruk yang terkenal akan kandungan vitamin C nya. Meskipun tak sebanyak jeruk kupas, kandungan vitamin C jeruk lemon cukup tinggi. Hanya dengan menambahkan 15 ml air jeruk lemon dalam air, kamu akan mendapat asupan 6 mg vitamin C.

Seperti diketahui vitamin C sangat baik untuk menambah daya tahan tubuh dan melindungi kerusakan sel dari radikal bebas. Vitamin C juga bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan memperkecil risiko stroke.

Jus atau sari buah dari 1 buah jeruk lemon mengandung 19 ml vitamin C. Semantara asupan harian vitamin C yang dianjurkan pada orang dewasa, sekitar 65 mg - 90 mg. Ini berair jika menambahkan air jeruk dari 1 jeruk lemon dalam air minum akan mencukupi 20%-30% dari rekomendasi harian.

2. Enamel gigi tergerus

Makanan yang asam atau kecut bisa memnyebabkan erosi gigi. Rasa asam pada air lemon bisa merusak enamel, lapisan pelindung gigi. Faktanya rasa asam pada jus buah bersifat lebih erosif dari asam baterai. Karena enamel tidak mengalami regenerasi maka harus dirawat dengan baik.

Jika dilihat erosi pada enamel tidak kasat mata tetapi bisa dikenali dengan beberapa tanda. Misalnya, gigi sensitif, warnanya berubah hingga keropos atau patah. Degradasi enamel berkelanjutan menyebabkan gigi berlubang.

Hal ini bisa dicegah dengan rajin menggosok gigi, mengurangi konsumsi gula atau memakai sedotan saat minum minuman asam. Setelah minum air lemon sebaiknya minum air putih agar asam tidak menempel di gigi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Gurame Asam Manis dan Ayam Cabe Ijo"
[Gambas:Video 20detik]