3 Racikan Minuman Hangat Penambah Imunitas Tubuh

Odilia WS - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 07:00 WIB
wedang jahe Foto: iStock
Jakarta -

Pagi hari saat tepat untuk memberi asupan bernutrisi. Minuman hangat penambah imunitas ini mudah dibuat, kaya nutrisi dan murah.

Selain kopi, teh dan jus buah, sebagai pelengkap sarapan kamu bisa meracik minuman kaya khasiat khusus untuk penambah imunitas tubuh. Terutama menghadapi pergantian musim dan daya tahan untuk hadapi beragam virus.

Dengan adanya pandemi Corona tentu setiap saat kita harus mengikuti protokol kesehatan. Tentunya juga ta boleh melupakan asupan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk itu kamu bisa memanfaatkan bumbu, rempah dan bahan makanan yang ada di rumah menjadi minuman menyehatkan di pagi hari.

Rempah rimpang seperti kunyit dan jahe merupakan bahan alami kaya antioksidan. Sementara sayuran dan buah bisa memberi asupan kebutuhan vitamin dan mineral harian. Selain untuk bumbu masakan, kamu bisa memanfaatkan untuk memperkuat imunitas tubuh.

Berikut ini 3 racikan minuman enak, mudah dibuat dan berkhasiat perkuat imunitas tubuh.

Woman person serving pouring kombucha fermented tea into two juice shot glasses on wooden table from bottle3 racikan minuman hangat penambah imunitas tubuh Foto: iStock

1. Teh Kunyit

Racikan minuman ini enak dinikmati hangat atau dingin. Mudah dibuat dengan bahan yang murah. Bahan utama minuman ini adalah kunyit. Rempah berbentuk rimpang dengan warna kuning ini mengandung curcumin yang bisa perkuat daya tahan tubuh.

Selain itu racikan teh ini juga punya khasiat sebagai anti peradangan dan menghilangkan rasa sakit. Sebaiknya gunakan kunyit segar yang tua atau empu kunyit untuk mendapatkan rasa yang kuat dan warna yang pekat.

Untuk meraciknya, siapkan 1 sendok makan kunyit segar yang diparut, 1 sendok makan air jeruk lemon, 500 ml air dan madu secukupnya. Rebus kunyit halus dan air selama 20 menit. Angkat dan saring. Tambahkan air jeruk lemon dan madu, aduk hingga rata dan nikmati selagi hangat.

Lemon Hangat3 racikan minuman hangat penambah imunitas tubuh Foto: iStock


2. Hot Lemonade

Selain dinikmati dingin, lemonade juga bisa diracik dan dinikmati hangat. Bahan rempah berupa jahe segar dan bawang putih merupakan anti mikroba yang bisa mengobati infeksi.

Sementara antioksidan dalam kayu manis berfungsi sebagai anti peradangan yang juga membantu menurunkan risiko penyakit. Sebaiknya setelah diracik, segera nikmati minuman ini untuk mendapatkan khasiat maksimal.

Untuk membuatnya, siapkan 2 siung bawang putih yang besar lalu cincang halus, 1 sdt jahe segar yang diparut, 3 cm kayu manis, 500 ml air, 2 sdm air jeruk lemon, 5 helai daun mint dan madu sesuai selera.

Rebus semua bahan kecuali madu, di atas api sedang selama 25 menit. Angkat, saring ke dalam gelas saji. Tambahkan madu atau sirop maple sesuai selera. Aduk hingga larut dan nikmati selagi hangat.

jus buah dan sayur3 racikan minuman hangat penambah imunitas tubuh Foto: Istimewa

3. Jus Stamina

Jika suka minum jus di pagi hari, kamu bisa meracik jus dari sayuran dan buah segar. Sayuran dan buah segar akan memberi asupan vitamin dan mineral yang mudah dicerna tubuh dan menjadi energi untuk pasokan tubuh.

Minuman ini diracik dengan bayam, apel, lemon dan mentimun. Semuanya kaya akan vitaminA, vitamin C, asalam floic dan antioksidan lainnya. Semuanya membantu tubuh melawan infeksi sekaligus mencegah infeksi.

Untuk meraciknya, siapkan 20 helai daun ketumbar, 20 helai daun mint, 30 g bayam muda, 1 buah apel atau pir, 1 buah mentimun yang kecil, 2 sdm air jeruk lemon dan sedikit garam. Masukkan semua bahan dalam mangkuk blender tambahkan 250 ml air dan proses hingga halus.



Simak Video "Kreasi Wedang Roti yang Hangat dan Lezat"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)