7 Makanan yang Menyehatkan Usus, Perlu Rutin Dikonsumsi

Odilia WS - detikFood Jumat, 10 Jul 2020 07:00 WIB
Delicious homemade sourdough rye bread on a plate and milk. Homemade baking. Foto: iStock
Jakarta -

Makanan yang kita konsumsi harus menyehatkan badan. Namun yang terpenting justru mengasup makanan yang menyehatkan usus. Apa saja?

Proses pencernaan berperan penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Semua makanan yang kita akan dicerna oleh usus tetapi tidak semua makanan bisa menyehatkan usus.

Bahan makanan akan dicerna dan diurai usus menjadi zat nutrisi dan didistribusikan ke seluruh tubuh. Pencernaan yang tidak lancar akan menyebabkan gangguan BAB atau konstipasi.

Karena itu perlu juga mengasup bahan makanan yang memicu tumbuhnya bakteri baik dan menyehatkan usus. Kerja usus akan lebih maksimal dan usus lebih sehat.


Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini makanan yang menyehatkan usus dan baik dikonsumsi setiap hari.

1. Tempe

Tempe merupakan makanan asli Indonesia. Produk fermentasi kedelai ini mengandung protein dan banyak nutrisi penting lainnya. Sejak dulu tempe dijadikan sebagai obat diare oleh masyarakat Jawa.

Tempe mengandung probiotik dan prebiotik yang merupakan bakteri baik yang bisa membantu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu tempe mengandung serat yang baik untuk memberi rasa kenyang lebih lama.

Karena rasanya mirip daging sapi, tempe digemari sebagai sumber protein nabati yang baik. Enak diolah jadi burger, steak atau keripik dan kerupuk. Banyak olahan tempe tradisional yang bisa jadi pilihan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Konsumsi Buah hingga Ikan Segar, Kunci Asupan Sehat di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]