5 Menu Sarapan Ini Bisa Melancarkan Sistem Pencernaan

Riska Fitria - detikFood Jumat, 26 Jun 2020 07:00 WIB
Menu sarapan untuk melancarkan pencernaan Menu sarapan untuk melancarkan pencernaan Foto: iStock
Jakarta -

Menu sarapan tak hanya harus enak tetapi juga menyehatkan. Pilihlah makanan yang menyehatkan yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

Banyak peneliti yang menyebut bahwa sarapan merupakan waktu makan terbaik dalam sehari. Sarapan dapat memberikan pasokan energi setelah berpuasa selama semalam dan tubuh menjadi berenergi saat kamu menjalani berbagai kegiatan.

Karenanya, pilihlah menu sarapan yang menyehatkan dan dapat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga memberi asupan nutrisi penting berupa karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin serta serat.

Ada banyak pilihan makanan sehat yang memiliki kandungan nutrisi tersebut. Mulai dari buah-buahan sampai ramuan minuman. Berikut 5 menu makanan sehat untuk melancarkan sistem pencernaan.

1. Pepaya

Menu sarapan untuk melancarkan pencernaanMenu sarapan untuk melancarkan pencernaan Foto: iStock

Buah pepaya merupakan makanan yang sempurna sebagai menu sarapan. Dengan mengonsumsi pepaya dapat membuat usus menjadi lebih sehat. Khasiat itu akan berlanjut dengan meningkatkan fungsi pencernaan, lapor NDTV (22/04).

Di dalam daging buah pepaya terdapat kandungan berupa enzim papain dalam jumlah yang tinggi ketika buah itu matang. Enzim tersebut nantinya akan membantu mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh.

Tak hanya itu, buah dengan daging berwarna oranye ini merupakan sumber zat fermentasi yang baik. Zat fermentasi itu juga dapat membuat pertumbuhan bakteri yang baik pada usus.

Baca Juga : Ini 5 Hal yang Dicari Orang Kantoran Saat Sarapan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyamannya Belanja di Pasar Modern Fresh Market Pantai Indah Kapuk"
[Gambas:Video 20detik]