Yuk, Sarapan Telur dan Bayam Agar Tubuh Segar Berenergi!

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 25 Jun 2020 07:00 WIB
Menu Sarapan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Tubuh terasa lemas di pagi hari? Itu tandanya kamu perlu asupan nutrisi penting. Mulailah dengan sarapan telur dan bayam.

Bagi yang sulit bangun di pagi hari atau sering merasa lelah saat bangun, itu tandanya tubuh harus segera diberi asupan nutrisi penting. Hindari sarapan dengan makanan olahan atau processed food seperti sosis atau daging kaleng karena dapat membuat tubuh semakin lemas.

Sebaliknya, dengan mengonsumsi sarapan sehat di pagi bisa menambah pasokan energi sampai membuat tubuh terasa lebih segar. Seperti sarapan telur dan bayam yang memberi asupan zat besi dan protein.

Ada juga buah pisang yang penuh dengan serat dan kandungan magnesium. Atau pisang yang manis dan kaya akan potassium. Direkomendasikan oleh Healthline (24/06), berikut lima menu sarapan agar tubuh segar dan berenergi di pagi hari.

Baca Juga: Sarapan Apel hingga Ubi Bisa Lancarkan BAB di Pagi Hari

1. Semangka

Menu Sarapan SehatMenu Sarapan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto


Setelah tidur selama berjam-jam di malam hari membuat tubuh kekurangan cairan di pagi hari. Dehidrasi bisa menyebabkan tubuh lemas, untuk mengatasinya bisa mengonsumsi buah semangka saat sarapan.

Buah semangka ini mengandung 90% air yang terkandung dari asam amino L-citrulline di mana bisa membantu mengurangi nyeri otot pada tubuh. Selain itu buah manis yang satu ini dikenal dapat membantu melancarkan sistem pencernaan serta mengatasi sembelit.

Bagi yang sedang diet ,buah semangka juga bagus untuk dijadikan camilan. Kandungan asam amino citruline yang dikandung semangka dapat mengatasi lemak yang menumpuk dalam tubuh secara efektif. Selain itu buah ini juga membantu mengisi kebutuhan gizi harian serta menurunkan tekanan darah.

2. Pisang

Menu Sarapan SehatMenu Sarapan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto


Selain praktis dan mengenyangkan, pisang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh terutama saat dimakan di pagi hari. Buah ini mengandung potassium yang juga kaya serat.

Kandungan ini bisa membantu pelepasan gula ke dalam aliran darah. Serta sumber magnesium dan vitamin B nya melimpah. Perlu diperhatikan bahwa pisang yang sudah matang mengandung lebih banyak energi dari gula yang terkandung dibandingkan pisang yang belum matang.

Caranya cukup mudah untuk melihat pisang yang sudah matang, kamu hanya perlu memilih pisang yang sudah banyak bintik-bintiknya. Sementara yang belum terlalu matang warnanya akan kuning cerah atau cenderung kehijauan.

3. Bayam

Menu Sarapan SehatMenu Sarapan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto


Mudah ditemukan dan memiliki harga yang cukup terjangkau, bayam merupakan sayuran sehat yang sangat bagus dikonsumsi tubuh. Sayuran ini juga cocok jadi menu sarapan agar mata lebih melek dan tubuh lebih segar.

Seperti yang diketahui sebelumnya sayur bayam merupakan sumber vitamin C, folate, dan kaya zat besi. Jumlah vitamin dan mineral yang cukup ini sangat penting untuk tubuh memproduksi energi.

Dalam beberapa kasus kekurangan zat besi bisa menyebabkan rasa lelah berlebih pada tubuh. Cara memasak bayam juga cukup mudah bisa dibuat menjadi sayur bening atau dimasak dengan telur jadi orak-arik bayam yang enak. Cek resep lengkapnya di sini.

4. Kurma

Menu Sarapan SehatMenu Sarapan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto


Selain jadi menu takjil yang paling populer selama bulan Ramadhan, buah kurma juga bagus dikonsumsi saat pagi hari usai sarapan. Buah yang punya rasa legit manis ini sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh.

Selain itu kurma juga menyediakan dorongan tenaga dalam waktu singkat yang membuat tubuh tidak kelelahan. Kurma mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng dan zat besi yang berlimpah.

Bagi yang sulit buang air besar (BAB) di pagi hari bisa mulai mengonsumsi kurma. Buah ini mengandung 6,4 - 11,5 persen serat yang dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan BAB.

5. Telur

Menu Sarapan SehatMenu Sarapan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto


Masuk ke dalam salah satu raja makanan saat sarapan, telur ini populer disantap saat sarapan hampir di seluruh belahan dunia. Bukan tanpa alasan mengapa telur selalu jadi menu sarapan favorit, makanan yang satu ini mengandung banyak lemak sehat yang membuat rasanya enak sekaligus menyediakan energi untuk tubuh sepanjang hari.

Telur menjadi sumber berbagai vitamin dan mineral termasuk zat besi, kolin, vitamin D, dan vitamin B-12. Kandungan asam amino di telur bisa membantu mendorong metabolisme dalam tubuh serta menjaga kesehatan otak, memori, dan sistem syaraf.

Selain semangka, telur juga bisa jadi menu sarapan bagi yang sedang menurunkan berat badan. Meski enak tapi telur mengandung kalori yang cukup rendah yaitu sekitar 78 kalori per butirnya, dengan efek rasa kenyang lebih lama dan menahan orang dari keinginan makan berlebih.

Baca Juga: 7 Manfaat Sehat Ini Kamu Dapatkan Jika Sarapan Telur Rebus



(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com