Sarapan Apel hingga Ubi Bisa Lancarkan BAB di Pagi Hari

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 17 Jun 2020 06:00 WIB
pria muda memakan sebutir apel hijau Foto: Getty Images
Jakarta -

Jika susah buang air besar (BAB) di pagi hari bisa konsumsi beberapa menu sarapan sehat ini. Mulai dari ubi sampai apel yang kaya serat.

Menurut Dokter Gina Sam dari Astrointestinal Motility Center at Mount Sinai Hospital di New York, ada beberapa alasan mengapa BAB di pagi hari terbilang penting.

"Kontraksi tubuh yang terjadi di usur besar paling tinggi aktivitasnya di pagi hari, saat itulah tubuh setiap orang dirancang untuk BAB," jelas Gina. Tapi tak semua orang bisa BAB di pagi hari.

Untuk itu pola sarapan yang kaya serat memegang peranan penting dalam kelancaran pencernaan di pagi hari.

Dilansir dari Extra Crispy (17/06), berikut lima makanan kaya serat untuk melancarkan BAB di pagi hari.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama


1. Ubi

Sarapan Sehat Pelancar BABSarapan Sehat Pelancar BAB Foto: Getty Images/iStockphoto



Untuk menu sarapan yang menyediakan vitamin dan mineral, ubi merupakan jawabannya. Makanan yang satu ini mengandung banyak serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh.

Satu buah ubi ukuran sedang dengan berat sekitar 114 gram setidaknya mengandung 4 gram serat. Serat yang yang terkandung di dalam ubi ini terbukti mampu melancarkan sistem pencernaan.

Penemuan ini berdasarkan penelitian di tahun 2016 di mana 57 pasien penderita leukemia kesulitan BAB efek dari kemoterapi. Selama empat hari mereka mengonsumsi ubi dan hasilnya sistem pencernaan mereka berlangsung membaik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3