Sarapan Orang Kantoran

5 Menu Sarapan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 29 Mar 2019 05:48 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
FOKUS BERITA Sarapan Orang Kantoran
Jakarta - Hidup sehat bisa diawali dengan konsumsi sarapan yang sehat dan bernutrisi. Selain buah segar ada makanan lain yang enak dan bikin kenyang.

Makanan sehat bukan berarti tak enak. Roti gandum dengan olesan selai cokelat hingga smoothies bisa jadi sarapan enak dan sehat. .Seperti makanan berikut yang kaya nutrisi dan bikin kenyang sampai waktu makan siang.

1. Buah

5 Menu Sarapan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama Foto: Istock

Buah-buahan jadi alternatif paling baik untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral saat mengawali hari. Anda bebas memilih ingin sarapan dengan buah potong atau jus buah segar tanpa gula.

Buah-buahan yang baik dikonsumsi di pagi hari antara lain jeruk, buah beri, pisang, apel, stroberi hingga semangka. Tiap buah tentu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda. Berdasarkan penelitian sarapan buah bisa tingkatkan sistem kekebalan tubuh, buat kenyang lebih lama, melancarkan buang air besar hingga turunkan berat badan.

Baca juga: Buah Segar Baik Dikonsumsi Saat Sarapan, Ini 10 Alasan Sehatnya

2. Roti gandum

5 Menu Sarapan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama Foto: iStock

Olahan bijian kaya serat yang pas dijadikan menu santap pagi ialah roti. Memadukan roti gandum dengan selai cokelat ternyata masih tergolong menu sarapan sehat.

Satu iris roti gandum berwarna kecokelatan mengandung sekitar 67 kkal energi, 1 gram lemak, 2,37 gram protein, 12,26 gram karbohdirat dan 1,1 gram serat. Sedangkan 100 gram cokelat mengandung 472 kkal energi, 2 gram protein, 63 mg kalsium dan 2,8 mg zat besi. Nutrisi ini juga bermanfaat dalam proses pencegahan penuaan dini dan selalu menjaga kadar suasana hati.

3. Telur rebus

5 Menu Sarapan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama Foto: Istimewa

Telur merupakan sumber protein, asam amino dan lemak sehat. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association menunjukkan tidak adanya efek kesehatan negatif pada pria dan wanita yang mengonsumsi sebutir telur sehari.

Telur justru mengandung semua vitamin B esensial, salah satunya kolin yang dapat melindungi ingatan. Sedangkan dua jenis protein dalam telur, yakni lutein dan zeaxanthin bisa mencegah gangguan penglihatan. Jika inginkan semua manfaat telur itu, sebaiknya olah telur di rumah menjadi telur rebus.

Baca juga: Ini Trik Jitu Bikin 5 Olahan Telur Enak dan Praktis Untuk Sarapan

4. Smoothies

5 Menu Sarapan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama Foto: Istock

Sarapan sehat praktis ini terbuat dari campuran susu atau yogurt, buah, bijian kaya serat hingga sayuran segar. Anda hanya perlu memasukkan semua bahan menyehatkan itu ke dalam blender.

Untuk membuat smoothies yang menyehatkan, gunakan yogurt tawar. Nah, racikan smoothies yang baik untuk otak ialah mencampur ragam buah berry, jeruk, anggur merah serta sayuran seperti wortel, sayuran hijau, dan tomat.

Selain dari buah, manfaat antioksidan juga bisa didapatkan dari penambahan yogurt, sereal atau telur. Tampilan dan rasa smoothies jadi makin beragam jika Anda beri topping berupa buah potong ataupun biji-bijian siap santap.

5. Oatmeal

5 Menu Sarapan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama Foto: iStock

Selama bertahun-tahun, penelitian sudah membuktikan kaitan antara oatmeal dengan berkurangnya kadar kolesterol tubuh. Menurut penelitian University of Kentucky Amerika Serikat, oatmeal kaya akan serat larut yang dapat mengusir kolesterol jahat.

Selain itu, oatmeal juga kaya antioksidan yang bisa melawan kerusakan sel sehingga kulitp jadi kencang serta kerutan berkurang. Oatmeal mudah ditemui di supermarket.

Baca juga: Bosan dengan Oatmeal Plus Susu? Coba Racikan Oatmeal Ini untuk Sarapan


5 Menu Sarapan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama
(dwa/odi)
FOKUS BERITA Sarapan Orang Kantoran