Buah Segar Baik Dikonsumsi Saat Sarapan, Ini 10 Alasan Sehatnya

Devi Setya - detikFood Kamis, 29 Mar 2018 06:46 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Makan buah saat pagi hari sebagai menu sarapan bukan hanya membuat tubuh menjadi segar tetapi juga memiliki banyak manfaat. Ini rinciannya!

Menyantap buah untuk sarapan ternyata berpengaruh pada sistem pencernaan. Beberapa dampak positifnya bahkan bisa menurunkan berat badan, melancarkan saluran pencernaan dan memberi energi pada tubuh.

Dilansir dari Live Love Fruit (29/3) sebuah penelitian mengungkapkan jika mengonsumsi makanan berat saat sarapan akan menghambat oksidasi lemak sepanjang hari. Menu berat ini termasuk produk olahan hewani.

Sebaiknya Anda mulai mengganti menu sarapan Anda dengan buah-buahan segar. Berikut 10 manfaat sehat menyantap buah sebagai menu sarapan.

1. Meningkatkan proses detoksifikasi
Antara pukul 7 pagi hingga 11 siang, tubuh sedang menjalani fase detoksifikasi terberat. Dengan menyantap buah akan membantu menyumbang energi saat proses ini berjalan. Hindari menyantap makanan anti-detoks seperti makanan berlemak agar proses pembuangan racun bisa berjalan lancar.

2. Makanan pertama yang baik
Buah adalah makanan paling baik disantap saat perut dalam keadaan kosong. Buah memiliki sifat mudah dicerna dan membantu metabolisme. Buah juga mengandung gula alami yang bisa langsung diubah jadi energi.

3. Merangsang saluran cerna
Buah mengandung enzim yang bermanfaat, serat dan prebiotik yang membantu menstimulasi cairan pencernaan di lambung. Buah juga mengandung serat yang mendorong sisa kotoran di saluran pencernaan. Buah juga membersihkan usus besar seperti halnya sapu.

Baca juga : Buah Segar Sebaiknya Diberikan pada Anak Saat Sarapan atau Makan Siang?

Buah Segar Baik Dikonsumsi Saat Sarapan, Ini 10 Alasan SehatnyaFoto: Livestrong/GettyImages

4. Membuat tubuh cepat fokus
Gula alami sangat dibutuhkan tubuh saat bangun tidur. Daripada menyesap kopi, cobalah membuat smoothie pengganti kopi yang akan membantu otak tetap tajam dan berenergi.

5. Menurunkan berat badan
Buah mengandung nutrisi yang membantu melepaskan racun berlebih dengan mendorong keluar dalam bentuk kotoran. Makan banyak buah di pagi hari akan melancarkan sistem pencernaan yang akhirnya membantu turunnya berat badan. Orang yang mengonsumsi makanan berat di pagi hari juga cenderung makan lebih berat di siang hari, ini memberikan berkontribusi terhadap kenaikan berat badan yang tak terelakkan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Smoothie sebagai menu sarapan jauh lebih baik dibandingkan dengan bacon dan telur. Buah sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda dan kesehatan secara keseluruhan. Pasalnya buah tinggi vitamin C dan antioksidan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menangkal bakteri dan mikroba jahat.

Buah Segar Baik Dikonsumsi Saat Sarapan, Ini 10 Alasan SehatnyaFoto: iStock/detikFood

7. Buat tidak bersifat asam
Hal pertama yang orang pikirkan ketika mereka makan buah adalah rasanya yang terlalu asam, ini sebenarnya tidak benar. Lemon sebenarnya adalah salah satu buah paling alkali. Lemon memang memiliki rasa asam namun sifatnya alkali. Saat lemon tiba di perut, mineral seperti kalium dan natrium akan berubah menjadi basa dan ini baik untuk tubuh.

8. Buah membuat kenyang
Anda mungkin berpikir buah tidak akan membuat Anda kenyang, anggapan ini salah! Buah mengandung banyak serat, ditambah vitamin dan mineral serta fitonutrien yang memberi tahu otak bahwa itu memuaskan dan untuk mematikan sinyal rasa lapar ke perut.

Pastikan Anda makan buah dalam jumlah cukup agar merasa kenyang. Makan buah dalam jumlah banyak juga tidak akan membuat sumbatan di perut.

Baca juga : Sarapan Buah, Susu dan Sereal Bikin Tubuh Lebih Ramping?

Buah Segar Baik Dikonsumsi Saat Sarapan, Ini 10 Alasan SehatnyaFoto: iStock

9. Memperkuat jantung
Buah mengandung vitamin yang sangat bermanfaat. Kandungan mineral, fitonutrien dan antioksidan berkontribusi untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Keduanya berkontribusi pada jantung yang lebih sehat dan kuat serta mencegah penyakit kardiovaskular.

10. Melancarkan buang air besar
Dengan makan buah secara teratur, saluran cerna akan lebih sehat. Tidak ada kotoran yang tersumbat dalam saluran cerna. Buah-buahan mengandung banyak air sehingga memiliki fungsi sebagai diuretik alami yang membantu mengeluarkan limbah dalam tubuh. (dvs/odi)