Sarapan Buah, Susu dan Sereal Bikin Tubuh Lebih Ramping?

Lucia Essy Heriana - detikFood Senin, 09 Nov 2015 17:14 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta -

Sarapan apa pagi ini? Roti atau nasi goreng? Menurut riset sarapan buah, susu, dan sereal mengenyangkan sekaligus membuat tubuh lebih ramping.

Ahli kesehatan telah menemukan bahwa orang yang bertubuh ramping dengan berat badan ideal lebih memilih untuk makan buh, susu atau sereal untuk sarapan.

Sarapan menjadi bagian terpenting di pagi hari karena sekitar 12 jam sejak makan malam​, tubuh tidak menerima asupan makanan. Makanan pertama memiliki peran penting karena selain memberikan energi dan nutrisi, ​juga​ memberikan 25% kebutuhan kalori harian Anda.

Penelitian dipimpin oleh Anna-Leena Vourinen dari VITT Technical Research Centre of Finland dan diperkenalkan pada minggu Obesitas 2015 di Los Angeles. Mereka​ telah menganalisis kebiasaan sarapan dari 147 orang sejak September 2014 hingga Januari 2015. Ia mengharapkan hasilnya akan membantu menjelaskan apa kebiasaan sarapan akan membantu orang-orang yang ​sedang ​menurunkan berat badan.



Para peserta memiliki rata-rata BMI (Body Mass Index­­­) 21,7 dan ​berat​ rata-rata​ ​60 kg. Mayoritas peserta adalah perempuan berusia lebih dari 41 tahun. Berat badan yang ideal dan tidak memiliki masalah berat badan menjadi syarat bagi peserta.

Orang-orang sehat yang ditanya “Apa yang Anda makan saat sarapan?” 51 % diantaranya menjawab makan buah. Jawaban lainnya adalah minum susu dengan 41%, sereal 33% dan roti 32%. Telur juga menjadi pilihan sarapan mereka. Hanya 26% peserta yang biasanya minum kopi saat sarapan.



Dr Vourinen mengatakan, “​S​atu hal penting yang didapat dari studi ini adalah sangat banyak orang bertubuh ideal ​makan​ sarapan, seperti penelitian sebelumnya tentang pentingnya sarapan.”

“Mereka tidak hanya makan saat sarapan, tetapi mereka makan sehat dengan mengonsumsi buah dan sayur,” tambahnya.

Selain kebiasaan sarapan, para peserta juga ditanya tentang makan dan aktivitas umum. Ayam merupakan pilihan daging favorit dari 61% orang yang disurvei dan 63% makan sayuran di malam hari.

Bukan hanya makan siang dan malam yang harus memiliki kandungan nutrisi lengkap dan seimbang, sarapan juga​. Maka, sarapan sereal, susu dengan buah bisa dijadikan pilihan sarapan sehat di pagi hari.

(adr/odi)