Sarapan Apel hingga Ubi Bisa Lancarkan BAB di Pagi Hari

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 17 Jun 2020 06:00 WIB
pria muda memakan sebutir apel hijau Foto: Getty Images
Jakarta -

Jika susah buang air besar (BAB) di pagi hari bisa konsumsi beberapa menu sarapan sehat ini. Mulai dari ubi sampai apel yang kaya serat.

Menurut Dokter Gina Sam dari Astrointestinal Motility Center at Mount Sinai Hospital di New York, ada beberapa alasan mengapa BAB di pagi hari terbilang penting.

"Kontraksi tubuh yang terjadi di usur besar paling tinggi aktivitasnya di pagi hari, saat itulah tubuh setiap orang dirancang untuk BAB," jelas Gina. Tapi tak semua orang bisa BAB di pagi hari.

Untuk itu pola sarapan yang kaya serat memegang peranan penting dalam kelancaran pencernaan di pagi hari.

Dilansir dari Extra Crispy (17/06), berikut lima makanan kaya serat untuk melancarkan BAB di pagi hari.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama


1. Ubi

Sarapan Sehat Pelancar BABSarapan Sehat Pelancar BAB Foto: Getty Images/iStockphoto



Untuk menu sarapan yang menyediakan vitamin dan mineral, ubi merupakan jawabannya. Makanan yang satu ini mengandung banyak serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh.

Satu buah ubi ukuran sedang dengan berat sekitar 114 gram setidaknya mengandung 4 gram serat. Serat yang yang terkandung di dalam ubi ini terbukti mampu melancarkan sistem pencernaan.

Penemuan ini berdasarkan penelitian di tahun 2016 di mana 57 pasien penderita leukemia kesulitan BAB efek dari kemoterapi. Selama empat hari mereka mengonsumsi ubi dan hasilnya sistem pencernaan mereka berlangsung membaik.

2. Kopi

Sarapan Sehat Pelancar BABSarapan Sehat Pelancar BAB Foto: Getty Images/iStockphoto


Mudah dibuat dan digemari banyak orang, kopi tak bisa terlepaskan dari rutinitas sehari-hari. Selain menambah energi dan membuat mata 'melek' di pagi hari, kopi juga bisa membantu sistem pencernaan.

Kandungan kafein di dalam kopi bisa menstimulasi bagian tubuh lainnya salah satunya mendorong orang untuk BAB. Lewat beberapa penelitian yang ada ditemukan bahwa kopi bisa mengaktifkan kontraksi di usus besar.

Bahkan banyak orang yang setuju bahwa kopi merupakan minuman laksatif atau penchar yang efektif. Tapi tidak semua orang mengalami reaksi yang sama, kebanyakan orang merasakan sakit perut atau keinginan untuk BAB sekitar 20 menit setelah meminum kopi.

3. Apel

Sarapan Sehat Pelancar BABSarapan Sehat Pelancar BAB Foto: Getty Images/iStockphoto


Jika sedang tidak ada waktu banyak untuk menyiapkan sarapan di pagi hari bisa menggantinya dengan apel. Buah yang satu ini merupakan sumber serat yang bagus untuk tubuh.

Dalam satu buah apel dengan ukuran sekitar 149 gram terdapat 4 gram serat yang mirip seperti ubi. Semua serat dari apel ini masuk ke dalam sistem pencernaan dan membantu pembentukan tinja dan mendorong BAB secara teratur.

Apel juga mengandung jenis serat larut tertentu yang disebut pektin, yang dikenal karena efek pencaharnya. Selain bisa dimakan langsung apel juga bisa jadi topping sarapan bergizi lainnya.

4. Yogurt

Sarapan Sehat Pelancar BABSarapan Sehat Pelancar BAB Foto: Getty Images/iStockphoto


Makanan kaya probiotik seperti yogurt organik, hingga kefir, merupakan menu sarapan sehat yang bisa membantu BAB. Probiotik seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium, merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk tubuh.

Dua jenis bakteri ini dapat membantu masalah pencernaan. Selain itu kandungan dari probiotik ini bisa membantu sistem pencernaan, untuk menyerap dan mencerna nutrisi dari makanan.

5. Pir

Sarapan Sehat Pelancar BABSarapan Sehat Pelancar BAB Foto: Getty Images/iStockphoto


Buah pir sama seperti apel yang bisa melancarkan pencernaan di pagi hari. Pir mengandung serat yang tinggi bahkan lebih dari ubi dan apel. Dalam satu buah pir ukuran 178 gram setidaknya ada 6 gram serat yang setara dengan 24% kebutuhan serat harian.

Buah ini juga kaya sorbitol yaitu alkohol gula yang menarik air ke saluran pencernaan dan merangsang pergerakan usus dalam tubuh agar BAB. Tentunya karena kandungan gulanya, konsumsi buah pir perlu dibatasi setiap harinya.

Selain itu ada kandungan fruktosa di dalam buah manis yang satu ini. Fruktosa bisa bertindak sebagai pencahar alami yang aman dan tidak berbahaya bagi tubuh dibandingkan meminum obat pencahar lainnya.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Sehat yang Bisa Dicontek dari Diet Mediterania

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com