Sarapan Apel hingga Ubi Bisa Lancarkan BAB di Pagi Hari

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 17 Jun 2020 06:00 WIB
pria muda memakan sebutir apel hijau Foto: Getty Images

2. Kopi

Sarapan Sehat Pelancar BABSarapan Sehat Pelancar BAB Foto: Getty Images/iStockphoto


Mudah dibuat dan digemari banyak orang, kopi tak bisa terlepaskan dari rutinitas sehari-hari. Selain menambah energi dan membuat mata 'melek' di pagi hari, kopi juga bisa membantu sistem pencernaan.

Kandungan kafein di dalam kopi bisa menstimulasi bagian tubuh lainnya salah satunya mendorong orang untuk BAB. Lewat beberapa penelitian yang ada ditemukan bahwa kopi bisa mengaktifkan kontraksi di usus besar.

Bahkan banyak orang yang setuju bahwa kopi merupakan minuman laksatif atau penchar yang efektif. Tapi tidak semua orang mengalami reaksi yang sama, kebanyakan orang merasakan sakit perut atau keinginan untuk BAB sekitar 20 menit setelah meminum kopi.

3. Apel

Sarapan Sehat Pelancar BABSarapan Sehat Pelancar BAB Foto: Getty Images/iStockphoto


Jika sedang tidak ada waktu banyak untuk menyiapkan sarapan di pagi hari bisa menggantinya dengan apel. Buah yang satu ini merupakan sumber serat yang bagus untuk tubuh.

Dalam satu buah apel dengan ukuran sekitar 149 gram terdapat 4 gram serat yang mirip seperti ubi. Semua serat dari apel ini masuk ke dalam sistem pencernaan dan membantu pembentukan tinja dan mendorong BAB secara teratur.

Apel juga mengandung jenis serat larut tertentu yang disebut pektin, yang dikenal karena efek pencaharnya. Selain bisa dimakan langsung apel juga bisa jadi topping sarapan bergizi lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com