Ini Racikan Minuman Tradisional yang Bisa Cegah Virus Corona

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 03 Mar 2020 19:00 WIB
Halaman 1 dari 6
Jokowi minum jamu Foto: iStock
Jakarta -

Minuman tradisional mampu tingkatkan imunitas tubuh untuk cegah virus corona. Ada jamu ala Presiden Jokowi sampai STMJ yang populer.

Virus corona kini telah memasuki Indonesia dengan kasus pertama menjangkiti sepasang ibu dan anak yang tinggal di Depok. Berita ini langsung mencuri perhatian masyarakat hingga membuat banyak orang panik.

Hal ini tergambar dari apotek hingga supermarket di banyak tempat yang langsung diserbu orang. Mereka mencari tisu kering, tisu basah, cairan antiseptik, hand sanitizer, masker, sampai bahan makanan awet untuk stok. Mulai dari beras, makanan kalengan, sampai mie instan.

Sayangnya banyak orang panik tanpa mengetahui betul gejala virus corona. Virus yang menyebabkan penyakit COVID-19 ini memiliki gejala demam, batuk, dan kesulitan bernapas.

Virus corona sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa hal penting. Diantaranya sering mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker kalau batuk atau pilek, cukup minum air, dan mengonsumsi gizi seimbang.

Beberapa pakar juga menyarankan konsumsi bahan makanan yang mampu tingkatkan imunitas atau stamina tubuh. Misalnya sumber vitamin C dan berbagai rempah tradisional Indonesia yang bisa diracik jadi minuman tradisional.

(adr/odi)