7 Buah yang Mengandung Vitamin C Cocok Jadi Obat Corona

Puti Yasmin - detikFood Selasa, 03 Mar 2020 16:00 WIB
Ilustrasi Vitamin C Buah Vitamin C untuk Jadi Obat Corona/Foto: shutterstock
Jakarta -

Vitamin C memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh, misalnya bagus untuk kulit hingga menambah imunitas. Nah, kandungan ini bisa ditemukan di berbagai buah-buahan.

Pencarian terkait vitamin C ini juga meningkat karena berita corona terbaru, di mana dua WNI positif virus corona. Kedua pasien virus corona tersebut saat ini tengah diisolasi di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Vitamin C adalah ascorbic acid atau nutrisi yang dapat membentuk kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri berfungsi untuk memperbaiki kondisi kulit, tulang, dan gigi. Bahkan, belakangan juga disebut-sebut bagus sebagai obat corona.

Daftar buah-buahan yang mengandung vitamin C:

1. Jeruk

Buah jeruk sering disebut-sebut sebagai sumber vitamin C. Dalam satu buah jeruk ukuran sedang, terdapat 70 mg vitamin C. Untuk jeruk nipis memiliki kandungan yang berbeda, yakni 13 mg per satu buah.

Walaupun begitu, buah jeruk bukan satu-satunya yang mengandung vitamin C. Sebab, masih banyak buah yang lebih banyak mengandung vitamin C dibanding jeruk.

Vitamin C yang Cocok Jadi Obat CoronaVitamin C yang Cocok Jadi Obat Corona Foto: Istimewa

2. Jambu

Nah, buah asal Meksiko ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yakni 126 mg per satu buahnya. Jika kamu merasa sedang tidak enak badan bisa coba konsumsi ini ya.

Vitamin C yang Cocok Jadi Obat CoronaVitamin C yang Cocok Jadi Obat Corona Foto: iStock

3. Kiwi

Buah berwarna hijau ini juga mengandung banyak vitamin C. Terdapat setidaknya 71 mg vitamin C per satu buah kiwi ukuran sedang lho. Selain itu, penelitian menyebutkan kandungan buah kiwi juga dapat mengurangi stres hingga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Vitamin C yang Cocok Jadi Obat CoronaVitamin C yang Cocok Jadi Obat Corona Foto: iStock

4. Lemon

Lemon jus dapat bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh. Buah ini memiliki kandungan 83 mg vitamin C per satu buah lemon mentah, termasuk dengan kulitnya.

Vitamin C yang Cocok Jadi Obat CoronaVitamin C yang Cocok Jadi Obat Corona Foto: Thinkstock

5. Leci

Walaupun berukuran kecil, buah leci juga memiliki kandungan vitamin C yang besar, yakni sekitar 7 mg per satu buahnya sebagai obat corona. Buah ini juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk otak, jantung, hingga pembuluh darah.

Vitamin C yang Cocok Jadi Obat CoronaVitamin C yang Cocok Jadi Obat Corona Foto: iStock

6. Pepaya

Buah berwarna oranye ini disukai semua orang, termasuk anak-anak. Nah, ternyata pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang bagus untuk menambah imunitas tubuh lho.

Buah pepaya mengandung 87 mg vitamin C per satu cangkir pepaya atau setara dengan 145 gram. Vitamin C dalam buah ini juga bermanfaat untuk memori dan anti inflamasi pada otak.

Vitamin C yang Cocok Jadi Obat CoronaVitamin C yang Cocok Jadi Obat Corona Foto: Thinkstock

7. Stroberi

Vitamin C yang bagus terdapat dalam buah stroberi. Sebab, buah ini mengandung 89 mg vitamin C per 152 gram stroberi atau setara dengan satu cangkir potongan buah stroberi.

Nah, selain memiliki rasa yang enak ternyata stroberi juga memiliki kandungan vitamin C yang bagus sebagai obat corona untuk menambah imunitas.

Vitamin C yang Cocok Jadi Obat CoronaVitamin C yang Cocok Jadi Obat Corona Foto: dok. detikFood/ Erliana Riady



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)