Minyak Mana yang Paling Sehat untuk Menggoreng dan Menumis?

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 29 Okt 2019 08:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menggoreng dan menumis ternyata memerlukan minyak berbeda. Lalu minyak apa yang paling sehat untuk menggoreng dan menumis?


Dalam memasak, menggunakan minyak yang sama untuk menggoreng dan menumis adalah kesalahan. Karena setiap minyak memiliki jenis titik asap yang berbeda. Dan ketika digunakan untuk menggoreng, minyak yang baik berkaitan dengan kemampuan lemaknya untuk menahan suhu tinggi.


Ketika berbicara tentang minyak goreng, penting untuk mengetahui titik asap minyak: suhu di mana minyak mulai membakar dan berasap. Menurut para ahli, titik asap membantu menentukan penggunaan minyak.


Ketika minyak dipanaskan di luar titik asapnya, kandungan lemak mulai pecah dan menghasilkan asap, bau, dan rasa. Dalam proses ini, minyak melepaskan senyawa berbahaya, termasuk karsinogenik, radikal bebas penyebab kanker dan membuatnya tidak sehat untuk tubuh.


Baca Juga: Ini 10 Minyak Tersehat yang Baik Dipakai untuk Memasak


Dirangkum dari Times of India (08/10), berikut adalah penjelasan untuk minyak yang paling sehat untuk menggoreng dan menumis

Minyak Mana yang Paling Sehat untuk Menggoreng dan Menumis?Foto: iStock

1. Temperatur yang Baik dan Minyak untuk Menggoreng

Temperatur yang baik untuk memanaskan minyak untuk menggoreng adalah antara 176 sampai 204C. Dimana pada suhu tersebut sangat tepat untuk makanan mulai dimasukkan ke dalam wajan.


Untuk menggoreng, disarankan untuk menggunakan minyak safflower dan minyak dedak padi karena sangat cocok untuk kesehatan jantung Anda dan dapat menahan suhu panas hampir 260C. Anda juga dapat menggunakan minyak kacang, minyak bunga matahari, minyak mustard atau minyak sayur jika Anda menggoreng pada suhu 204 sampai 232C.

Minyak Mana yang Paling Sehat untuk Menggoreng dan Menumis?Foto: iStock

2. Temperatur yang Baik dan Minyak untuk Menumis

Dibandingkan dengan menggoreng, menumis membutuhkan minyak lebih sedikit dan suhunya lebih rendah. Idealnya dibuat dengan titik asap pada 176C atau lebih rendah.


Para ahli merasa bahwa minyak terbaik untuk menumis adalah minyak alpukat, minyak canola, minyak mustard, atau minyak zaitun. Sebuah penelitian mengatakan bahwa minyak kelapa juga merupakan pilihan yang aman, tetapi manfaat kesehatannya kontroversial karena tingginya kadar lemak jenuh.


Baca Juga: Berapa Kali Minyak Gorengan Bisa Dipakai? Ini Kata Ahli Gizi

Simak Video "Lawa Ikan, Kuliner Legendaris dari Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)