Diet CICO Populer dan Gampang, Apakah Efektif Turunkan Berat Badan?

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 09 Okt 2019 11:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Diet CICO sangat populer di kalangan orang yang ingin melakukan diet. Namun apakah diet ini efektif untuk menurunkan berat badan?

Diet CICO adalah kepanjangan dari "Calories In, Calories Out", pola diet ini tidak perlu memilih-milih makanan. Yang terpenting adalah perhitungan jumlah kalori yang masuk dan keluar.

CICO akan bekerja terlepas dari apa yang Anda makan. Junk Food, makanan sehat, makanan mewah, makanan murah. Apapun jenis makanannya tak masalah. Yang terpenting CICO akan menurunkan berat badan.

Banyak ahli memiliki pandangan berbeda tentang strategi makan, dan berpendapat bahwa CICO hanyalah nama lain untuk mitos penurunan berat badan yang menolak untuk mati. Istilah lain adalah seorang yang melakukan pola diet CICO hanya berasumsi bahwa dia sedang diet, padahal tidak.
Diet CICO Populer dan Gampang, Apakah Efektif Turunkan Berat Badan?Foto: iStock

Baca Juga: Terbaru! Diet Ini Bagi Makanan dalam Empat Kategori Warna

Namun jika Anda benar-benar menghitung kalori yang masuk pada tubuh , mungkin diet CICO akan efektif dan berhasil menurunkan berat badan. Dawn Jackson Blatner penulis dari The Superfood Swap mengatakan, "Jika Anda makan sangat banyak dan tidak mementingkan kalori, diet Anda tidak akan sukses. Itu kebenarannya,"

Blatner menambahkan bahwa Anda harus mempertimbangkan apa yang Anda konsumsi karena mengonsumsi junk food tetapi rendah kalori akan mendatangkan bahaya pada kulit, suasana hati, dan fungsi pencernaan.

Jadi, apakah diet CICO efektif? Mira Ilic seorang ahli diet klinis di Cleveland Clinic mengatakan hal tersebut mungkin saja memungkinkan dan berhasil, namun ia tidak akan merekomendasikan pada pasiennya.
Diet CICO Populer dan Gampang, Apakah Efektif Turunkan Berat Badan?Foto: iStock

Saran dari Blatner untuk para wanita yang ingin menurunkan berat badan, batas konsumsi per harinya adalah 1.500 kalori. Namun, alih-alih menghitung kalori dari setiap makanan yang Anda makan, Blatner merekomendasikan untuk berlatih 'kesadaran kalori'.

Baca Juga: Diet Ketat Tapi Berat Badan Tak Turun-turun? Mungkin Anda Lakukan 8 Kesalahan Ini

Lihatlah piring Anda dan tanyakan pada diri Anda, Apakah saya punya karbohidrat, protein, lemak sehat, dan sayuran? Kemudian tanyakan pada diri Anda, Apakah porsi masing-masing terlihat masuk akal? Dan apakah sayuran mengambil sebagian besar piring?

Mengembangkan kesadaran kalori semacam ini dapat membantu Anda mendapatkan keseimbangan nutrisi yang baik untuk menyehatkan tubuh. Sambil tetap berada di jalur yang benar untuk menurunkan berat badan.



Simak Video "Merasakan Segarnya Laksa Tangerang yang Tak Ada Duanya"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)