Terbaru! Diet Ini Bagi Makanan dalam Empat Kategori Warna

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 22 Jan 2019 15:53 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Penulis buku diet asal Inggris ini buat program diet terbaru. Program itu dianggap mudah dan ampuh turunkan berat badan.

Janet Thomson, penulis buku 'Fat To Fat' di tahun 1995 mengaku punya cara mudah untuk turunkan berat badan. Pola makan itu dinilai sehatkan usus dan buat tubuh lebih berenergi.

Dikutip dari Daily Mail UK (21/1), program diet itu bernama 'The Colour Fast Reset Programme'. Program diet ini membagi makanan ke dalam beberapa kategori warna. Untuk sayur hingga biji-bijian, masuk ke dalam kategori makanan 'hijau'.

Terbaru! Diet Ini Bagi Makanan dalam Empat Kategori WarnaFoto: iStock
Bahan makanan berserat masuk kategori makanan 'pink', bahan makanan berprotein dan lemak masuk kategori makanan 'biru'. Sedangkan makanan yang tak memiliki nilai gizi masuk kategori makanan 'merah'.

Baca juga: Pola Diet Bikini Blitz, Makan Apa Saja 5 Hari Berat Turun 2 Kg

Contoh makanan seimbang yang ada pada diet itu ialah konsumsi delapan makanan hijau, tiga bahan pink, seporsi makanan biru setiap kali makan. Alias tidak ada makanan merah di dalam menu makanan harian, kecuali sebagai hadiah atau pemuas selera yang dikonsumsi sesekali.

Orang-orang yang mencoba diet ini berhasil menghempas sebesar 4.5 kg dalam waktu dua minggu. Berikut penjelasan singkat mengenai bahan makanan hijau, pink, biru, dan merah versi Thomson.

1. Bahan makanan hijau

Terbaru! Diet Ini Bagi Makanan dalam Empat Kategori WarnaFoto: Istimewa
Bahan makanan ini tak akan membuat badan gemuk. Karenanya bahan ini bisa dimakan dalam jumlah banyak. Tapi untuk buah-buahan kering, sebaiknya jangan terlalu banyak dikonsumsi. Menurut Thomson, sebaiknya makan 7 hingga 8 porsi makanan berlabel 'hijau' perhari.

2. Bahan makanan pink

Terbaru! Diet Ini Bagi Makanan dalam Empat Kategori WarnaFoto: Istimewa
Roti, kentang, pasta hingga sereal masuk dalam kategori ini. Namun Thomson menyarankan untuk melahap bahan ini sebesar tiga porsi atau kurang perhari.

Tapi sebaliknya, ubi, quinoa, beras merah, beras cokelat hingga roti seperti sourdough masuk kategori bahan makanan pink yang menyehatkan.

3. Bahan makanan biru

Terbaru! Diet Ini Bagi Makanan dalam Empat Kategori WarnaFoto: Istimewa
Daging sapi, ikan, biji-bijian serta ragam produk susu masuk kategori biru. Makanan berlabel biru ini harus dikonsumsi setiap hari. Sebab makanan di kategori ini bisa mengurangi hormon lapar. Sehingga mengurangi hasrat untuk melahap camilan.

4. Bahan makanan merah

Terbaru! Diet Ini Bagi Makanan dalam Empat Kategori WarnaFoto: Istimewa
Bahan makanan yang ada dalam label ini sebaiknya tidak rutin dikonsumsi, kalau bisa dihindari. Bahan makanannya berupa makanan olahan, makanan tinggi gula serta alkohol.

Namun, Thomson mempersilahkan pencinta wine untuk sesekali menjadikan minuman itu sebagai dessert lezat. Sebab jika dikonsumsi sesekali, bahan makanan label merah tidak akan merusak diet.

Sebenarnya diet yang diciptakan Thomson tidak melarang orang untuk hanya memakan beberapa makanan. Menurutnya, diet ini hanya berfokus pada penyeimbangan kadar gula dalam darah serta meningkatkan kesehatan usus dan terpenting mudah dilakukan.

Baca juga: Terbaru! Pola 'Diet Angin', Anda Tak Perlu Makan Apapun Kecuali Udara (dwa/lus)