Pola Diet Bikini Blitz, Makan Apa Saja 5 Hari Berat Turun 2 Kg

Maya Safira - detikFood Jumat, 17 Jun 2016 17:37 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pilihan diet semakin beragam. Seperti Bikini Blitz diet yang diklaim bisa menurunkan berat 2-6 kg hanya dalam waktu 5 hari, tanpa menghitung kalori makanan.

Bekerjasama dengan ahli gizi di Inggris, Zoe Harcombe, Mirror.co.uk (11/06) membuat sebuah diet cepat untuk menurunkan berat badan. Tentunya ada serangkaian cara makan yang perlu diikuti agar bentuk tubuh ideal.

Diet bekerja dengan memangkas makanan yang memicu kecanduan dan penambahan berat badan. Seperti gula, produk susu, produk gandum, dan semua makanan olahan.



Tapi karena tidak ada kontrol porsi pada apa yang dimakan, maka Anda tak akan merasa lapar. Tidak seperti diet lain, ini lebih mudah dilakukan.

"Rancangan 5 hari ini memberikan Anda langkah untuk memulai yang diperlukan. Kebanyakan orang menurunkan berat rata-rata 2 kg, tapi saya lihat juga yang kehilangan sampai 6 kg. Ini bekerja karena semua orang bisa mempertahankan sesuatu dalam waktu singkat, misalnya lima hari," ungkap Zoe.

Zoe menyebut setelah seseorang melihat hasilnya bisa tercapai begitu cepat, maka akan memberikan dorongan untuk mengonsumsi makanan sehat.



Kuncinya adalah memangkas makanan penyebab tiga kondisi medis umum yang diidentifikasi Zoe sebagai pemicu mengidam makanan tak terpuaskan dan penambahan berat badan. Hal tersebut adalah candida (yeast berkembang dalam usus yang memicu keinginan konsumsi gula dan roti), hypoglycaemia (kondisi penyebab kadar gula darah rendah dan memicu keinginan makan makanan manis), serta intolerasi makanan yang bisa memicu keinginan makan makanan yang seseorang tidak toleran seperti roti putih.

"Saya yakin semua saran diet yang diberikan secara fundamental salah. Ketika kita membuat diri lapar atau hanya makan makanan rendah lemak, tubuh akan melakukan segala sesuatu dan akhirnya muncul rasa ngidam makanan. Saat itulah keinginan makan berlebih dimulai dan Anda kembali lagi ke berat semula," tambah Zoe.



Kecuali ditentukan, Anda bisa makan sebanyak yang disukai agar tidak merasa lapar. Berikut petunjuk dari Zoe Harcombe untuk diet selama 5 hari, seperti dilansir dari Mirror.co.uk.

1. Minumlah sekitar 1,5 liter air, teh herbal, teh tanpa kafein atau kopi tanpa susu dalam sehari.

2. Tidak boleh konsumsi produk susu, selain sedikit mentega untuk memasak jika disebutkan. Yogurt alami bisa dikonsumsi sebanyak yang diinginkan.

3. Jangan mencampurkan lemak (misalnya daging) dan karbohidrat (misalnya nasi merah) dalam makanan yang sama. Karena tubuh akhirnya akan menyimpan lemak.

4. Hilangkan semua produk gandum seperti roti dan pasta. Ganti dengan beras merah.

5. Hindari semua makanan olahan, alkohol, makanan ringan bergula dan buah karena mempengaruhi kadar gula darah dan menyebabkan ngidam makanan.

6. Konsumsi sebanyak diinginkan yogurt alami karena membunuh bakteri di perut dan memerangi kembung.

7. Sarapan dengan protein saja, seperti telur, agar tetap kenyang sampai makan siang.

8. Kecuali disebutkan, seluruh makanan bisa dimasak apa saja. Baik panggang, goreng, bakar, rebus, kukus dan lainnya.

9. Anda bisa mengosumsi sayur apa saja tanpa batasan jumlah, selain kentang dan jamur.

10. Salad bisa berisi sayuran apa saja. Misalnya selada, tomat, wortel, paprika, mentimun, bawang bombay, bit dan lainnya.

11. Ganti makanan dengan jenis lainnya jika Anda tidak suka. Tapi jangan konsumsi nasi atau bubur lebih dari sekali sehari.

Diet tersebut hanya dirancang untuk 5 hari. Tapi menurut Zoe, seseorang bisa mengikutinya sampai 14 hari. Baru kemudian pelan-pelan mulai konsumsi makanan seperti roti gandum, pasta dan kentang panggang. Tapi tetap diperhatikan agar tidak mencampurkannya dengan lemak. (msa/odi)