Cermati Konsumsinya, 6 Makanan Ini Sering Memicu Keracunan

Riska Fitria - detikFood Senin, 16 Sep 2019 15:20 WIB
Halaman 2 dari 7
Foto: iStock

1. Telur

Telur bisa menyebabkan keracunan makanan. Karena di dalam telur terdapat bakteri yang salmonella. Risiko keracunan akan semakin tinggi ketika telur dimakan setengah matang atau bahkan mentah. Adanya bakteri salmonella itu karena unggas-unggas mengalami infeksi saat bertelur.

Dari infeksi itulah akhirnya mencemari bagian dalam telur saat terbentuk di dalam tubuh unggas. Kotoran yang terkontaminasi dari burung yang terinfeksi juga dapat mempengaruhi telur. Ketika telur itu dimakan maka akan menghasilkan bakteri Staphylococcus aureus yang menyebabkan racun dalam makanan. Meskipun telur sudah dimasak matang, racun tersebut tetap bisa menyebabkan penyakit.

Untuk mengurangi risiko infeksi, telur lebih baik disimpan di lemari es pada suhu minimal 5 C. Sebaiknya berhati-hati saat memasak telur. Jangan gunakan telur yang cangkangnya pecah atau rusak, kemudian masak telur sampai kuning telurnya beku. Jika membutuhkan telur mentah lebih baik gunakan telur yang sudah dipasteurisasi. Setiap makanan yang mengandung olahan telur seperti mayonniase sebaiknya simpan dalam lemari es sekitar 2 jam.

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com