Hindari Keracunan Makanan dengan Memperhatikan 5 Hal Ini

Lucia Essy Heriana - detikFood Senin, 21 Des 2015 11:16 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat berpesta banyak makanan enak disajikan. Anda tetap harus waspada karena paparan bakteri bisa menyebabkan keracunan yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Makanan dapat terkontaminasi ketika dimasak dengan cara kurang tepat. Keracunan makanan dapat menyebabkan sakit perut, demam, mual, bahkan muntah-muntah. ​Perhatikan beberapa hal ini agar Anda terhindar dari keracunan.

1. Ukuran makanan



Jika Anda berencana untuk ​m​engadakan makan bersama di rumah dan tidak tahu pasti berapa lama makanan tersebut dapat bertahan, sajikan makanan dengan porsi yang kecil. Siapkan sejumlah piring berukuran kecil dan pindahkan piring kotor yang sudah di pakai. Anda juga bisa memindahkan makanan ke lemari pendingin atau memanaskannya di ov​en​ sebelum dihidangkan. Dengan cara ini, tamu yang datang terlambat akan menikmati makanannya.

2. Perhatikan suhu makanan



Makanan yang panas harus dijaga suhunya sekitar 60 ​C​ atau lebih tinggi. Periksa suhu makanan dengan thermometer sesering mungkin. Sajikan atau simpan makanan panas di piring. Jika menggunakan nampan pemanas, pastikan suhu makanan pas untuk disajikan, antara 45-50 ​C​.

3. Dinginkan makanan



Makanan dingin harus diletakkan di suhu ruangan, antara 20 ​C​ atau lebih rendah. Letakkan makanan dingin pada lemari pendingin sebelum di sajikan. Jika makanan ingin diletakkan di meja makan lebih dari dua jam, letakkan pada piring khusus. Misalnya Anda bisa meletakkan es di bawah seafood.

4. Pastikan makanan selalu segar



Jangan gabungkan makanan yang sudah dimakan dengan makanan yang baru. Bakteri dari orang-orang yang mengambil makanan dapat terkontaminasi dalam makanan. ​B​akteri dapat berkembang di suhu ruangan.​ Karenanya sajikan makanan secukupnya. Setelah habis, baru tambahkan makanan baru dalam wadah yang baru pula.​

5. Perhatikan lama penyajian



Jika sudah dua jam makanan disajikan pada suhu ruangan, ​singkirkan​ makanan tersebut. Namun jika sejak awal Anda menjaga suhu makanan tersebut pada suhu 35 derajat celcius, ​masih aman dikonsumsi​.​ Karenanya jika ada, sebaiknya taruh makanan selalu dalam wadah dengan pemanas.​

(adr/odi)