Apa Benar Makan Daging Kambing Picu Kolesterol Naik?

Riska Fitria - detikFood Kamis, 08 Agu 2019 17:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Banyak yang menyebutkan bahwa masakan olahan daging kambing bisa memicu kolesterol naik. Apa benar?

Menjelang hari raya Idul Adha, tentunya akan banyak disajikan masakan dari olahan daging kambing. Daging kambing dari perayaan kurban tersebut diolah hingga menjadi masakan lezat, seperti sate, rendang, sup dan gulai.

Sebagian orang menjadi khawatir ketika makan masakan tersebut, lantaran mendengar banyak yang mengatakan daging kambing bisa picu kolesterol naik. Pernyataan itu dibantah oleh sebuah penelitian.
Apa Benar Makan Daging Kambing Picu Kolesterol Naik?Foto: iStock

Penelitian yang diterbitkan di Jurnal Gizi Klinik Indonesia menyebutkan bahwa tidak ada keterkaitan antara daging kambing dan kolesterol. Yang membuat kolesterol sendiri itu naik adalah pengolahan daging kambing yang dimasak menjadi masakan penuh dengan minyak.

"Bukan daging kambing yang meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh seseorang, tetapi kandungan lemak yang terkandung dalam makanan. Terutama makanan tinggi lemak, dan cara pengolahannya," kata Mauliana Ulfa, S.Tr.Gizi.

Baca Juga : Jika Kadar Kolesterol Tinggi, Rajinlah Konsumsi 5 Makanan Ini

Lebih lanjut Mauliana Ulfa juga menjelaskan bahwa masakan yang penuh lemak jika dilakukan pemanasan secara berulang juga bisa memicu naiknya kolesterol dalam tubuh.
Apa Benar Makan Daging Kambing Picu Kolesterol Naik?Foto: iStock

Kolesterol sebenarnya tidak berbahaya, karena dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel dan beberapa hormon dalam tubuh seseorang. Namun, untuk seseorang yang memiliki riwayat dislipidemia dan tinggi kolesterol dianjurkan untuk mengurangi porsi makan daging kambing.

Faktanya 100 gram daging kambing terdapat kolesterol lebih sedikit, yaitu 75 mg daripada 100 gram daging sapi yang terdapat kolesterol sebanyak 90 mg.

Normalnya dalam sehari, tubuh membutuhkan total protein sebanyak 100-150 gram yang didapatkan dari produk nabati dan hewani. Dari produk hewani bisa didapatkan dengan mengkonsumsi sekitar 1-2 potong daging.
Apa Benar Makan Daging Kambing Picu Kolesterol Naik?Foto: iStock

Sementara untuk yang memiliki riwayat kolesterol tinggi atau yang sedang mengalaminya, dianjurkan mengurangi porsi daging dengan tidak lebih dari 1 potong daging dalam sehari. Selain itu mengurangi masakan tinggi lemak dan mengganti asupan protein yang didapatkan dari ikan dan ayam.

Setelah makan daging kambing akan lebih baik dinetralisir dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat, seperti apel, jeruk, alpukat, anggur dan lain-lain. Jumlah asupan serat yang baik adalah sekitar 25 gram per hari. Total asupan serat tersebut bisa didapat dari buah-buahan sekitar 200-300 gram dan sayuran sekitar 300-400 gram.

Baca Juga : Cegah Kenaikan Kolesterol dengan 5 Makanan Ini

Simak Video "Kenali Jenis Potongan Olahan Sapi dan Kambing yang Pas"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)