Jika Kadar Kolesterol Tinggi, Rajinlah Konsumsi 5 Makanan Ini

Riska Fitria - detikFood Rabu, 15 Agu 2018 16:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kadar kolesterol yang tinggi sangat membahayakan kesehatan. Dengan mengubah pola makan dan memilih jenis makanan kadar kolesterol bisa turun secara alami.

Tubuh memiliki kolestrol baik dan kolestrol jahat. Kolesterol adalah zat lemak yang dikenal dengan sebutan lipid. Sebenarnya kolesterol berfungsi untuk mencerna makanan. Protein yang diasup bisa membawa kolesterol dalam darah yang kemudian mengering dan menjadi lipoprotein (LDL). Jika LDL tesebut tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol bisa menumpuk di dinding arteri dan membatasi aliran darah ke seluruh tubuh. Biasanya disebabkan oleh merokok dan pola makan yang buruk. Dilansir dari Dailystar.co.uk (10/08) 5 makanan ini bisa bantu turunkan kolesterol karena mengandung LDL yang rendah. Asalkan rutin dikonsumsi.

Baca juga : Kadar Kolesterol Sedang Tinggi? Konsumsi Saja 5 Buah Enak Ini


1. Gandum

Jika Kadar Kolesterol Tinggi, Rajinlah Konsumsi 5 Makanan IniFoto: Australia Plus ABC
Tak hanya mengenyangkan, sarapan dengan semangkuk oatmeal di pagi hari dapat membantu menurunkan kolesterol. Makanan yang berbasis gandum lainnya juga bisa megurangi risiko penyakit jantung. Dengan memakan sereal gandum akan mendapatkan asupan serat larut sebanyak 1 hingga 2 gram. Serat larut akan mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda.


2. Polong-polongan
Jika Kadar Kolesterol Tinggi, Rajinlah Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock
Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi disarankan untuk memakan jenis polong-polongan. Karena polong-polongan juga kaya akan serat larut, yang bisa mengusir kolesterol jahat. Polongan-polongan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai dan lenti juga akan membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga bisa juga untuk turunkan berat badan.


3. Kacang-kacangan
Jika Kadar Kolesterol Tinggi, Rajinlah Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock
Studi menunjukkan bahwa makan kacang almond, kacang kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk kesehatan jantung. Jangan berlebihan, cukup makan segenggam kacang dalam sehari.


4. Ikan

Jika Kadar Kolesterol Tinggi, Rajinlah Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock
Jika Anda makan ikan sebanyak dua ataau tiga kali dalam seminggu, Anda sudah bisa menurunkan LDL. Ikan bisa dijadikan sebagai pengganti daging karena memiliki lemak penguat LDL. Ikan yang disarankan seperti ikan salmon, tuna, ikan tawar, haring dan ikan forel, karena ikan tersebut mengandung omega 3 yang berguna menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik.


5. Minyak sayur

Jika Kadar Kolesterol Tinggi, Rajinlah Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock
Ganti minyak dengan minyak nabati untuk memasak. Minyak nabati bisa membantu untuk menurunkan kolesterol. Anda bisa gunakan minyak sayur kanola, bunga matahari dan safflower dan minyak nabati lainnya.

Agar kadar kolesterol tak naik, hindari makanan yang mengandung lemak jenuh yang ada pada produk hewani. Seperti daging merah, susu berlemak, telur, dan juga beberapa minyak yaitu minyak sawit, minyak kelapa dan mentega cokelat. Selai itu juga perlu menghindari lemak trans karena lemak tersebut tidak memiliki nilai gizi.

Baca juga : Kolesterol Naik? Mulailah Rutin Konsumsi Makanan dan Minuman Alami yang Enak Ini (1)


Wow! Ada Cokelat Rasa Es Doger hingga Kerak Telor, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]




(sob/odi)